Advertisement

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar Vaksinasi Massal

Lugas Subarkah
Rabu, 24 Maret 2021 - 06:37 WIB
Sunartono
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar Vaksinasi Massal Penerima vaksin mengikuti vaksinasi massal di Graha Bina Usaha, Polkesyo, Selasa (23/3/2021). - Harian Jogja/ Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com GAMPING--Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta (Polkesyo) menggelar vaksinasi masal, di Graha Bina Usaha, Selasa (23/3/2021). Kegiatan itu untuk mendukung gerakan satu hari satu juta vaksin sekaligus peringatan Dies Natalis ke-20.

Wakil Direktur III sekaligus Penanggungjawab Vaksinasi Massal Polkesyo, Iswanto, menjelaskan vaksinasi masal ini menyasar 774 penerima vaksin. "Mencakup karyawan Polkesyo, P3E [Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa], dan Abdi Dalem," ujarnya.

Advertisement

BACA JUGA : Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar The 7th International

Vaksinasi dilaksanakan dengan bantuan vaksin dari Dinas Kesehatan DIY. Sementara untuk petugas vaksin melibatkan vaksinator dari Polkesyo dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Polkesyo sendiri saat ini telah memiliki sebanyak 61 vaksinator.

Dalam teknis pelaksanaan, Polkesyo juga melibatkan 50 mahasiswa untuk mengkondisikan peserta vaksinasi. "Menyediakan 10 meja dua untuk skrining dan 10 meja tiga untuk penyuntikan. Ditargetkan 774 vaksinasi dapat selesai dalam setengah hari ini," katanya.

Adapun peserta vaksin semuanya merupakan non lansia. Sebab menurutnya untuk vaksinasi lansia, diperlukan spesifikasi dan prosedur khusus. Vaksinasi kedua akan dilaksanakan dua minggu kemudian di lokasi yang sama.

"Ini menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kami juga punya Poliklinik Pratama dan juga ditunjuk menjadi salah satu pos vaksinasi di wilayah DIY. Kami juga akan mengirim mahasiswa kami untuk membantu program vaksinasi Kementerian Kesehatan," ungkapnya.

BACA JUGA : Cegah Stunting, Poltekkes Kemenkes Jogja Deklarasi Desa

Direktur Utama Polkesyo, Joko Susilo, mengatakan vaksinasi masal ini bertujuan untuk mempercepat terciptanya kekebalan komunitas atau herd imunity di Jogja. "Kami ingin DIY cepat imunitasnya, termasuk Abdi Dalem Kratondan kerabat kerja kami," kata dia.

Polkesyo kata dia, sebelumnya juga telah terlibat dalam vaksinasi massal sebanyak empat kali, yakni vaksinasi nakes di UGM, vaksinasi pedagang da Pasar Beringharjo, vaksinasi ASN Pemkab Sleman di Sleman City Hall dan vaksinasi ASN DIY di JEC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement