Advertisement

Asah Ketrampilan Seniman Muda, Kelurahan Gunungketur Gelar Pelatihan Rias Karakter

Alfi Annisa Karin
Senin, 22 Januari 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Asah Ketrampilan Seniman Muda, Kelurahan Gunungketur Gelar Pelatihan Rias Karakter Para peserta saat mengikuti pelatihan rias karakter di Kelurahan Gunungketur beberapa waktu lalu / Dokumentasi Kelurahan Gunungketur

Advertisement

Harianjogja.com, PAKUALAMAN—Berbagai sanggar tari dari beberapa RW di Kelurahan Gunungketur menggelar pelatihan rias karakter di Aula Kelurahan Gunungketur pada Jumat lalu (19/1/2024). Pelatihan ini digelar sebagai wadah bagi para seniman muda dan bakat lokal untuk mengembangkan keterampilan dalam seni rias dan tata busana.

Lurah Gunungketur Sunarni menjelaskan peserta pelatihan berkesempatan belajar langsung dari para ahli di bidang rias karakter. "Kegiatan ini juga turut membuka pintu bagi eksplorasi kreativitas mereka," katanya, Senin (22/1/2024).

Advertisement

Sunarni menuturkan materi pelatihan yang diberikan di antaranya tentang teknik rias wajah yang sesuai dengan tema tari karakter. Menurutnya, para peserta tampak antusias menerima ilmu dan keterampilan baru ini. Kolaborasi yang terjadi antar-sanggar tari juga menciptakan suasana keakraban dan inspirasi. Usai sesi penyampaian materi oleh instruktur selesai, peserta diberi kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan melalui sesi praktik.

"Hasil akhir dari pelatihan ini tak hanya menciptakan seniman yang lebih berkualitas, tetapi juga menggugah rasa kebanggaan akan warisan budaya lokal. Para peserta, dengan riasan wajah yang menakjubkan, siap untuk memperkaya penampilan mereka di berbagai acara seni dan kebudayaan di masa mendatang," ujar Sunarni.

Baca Juga

Banyak Sanggar Seni Belum Memiliki NIK

Sendratari Anak Tari Klasik Gaya Jogja Dipentaskan di Ndalem Mangkubumen

Peringatan Hari Tari Sedunia, K-Pop Jadi Tantangan Tari Tradisional

Menurutnya, kegiatan pelatihan rias karakter di Kelurahan Gunungketur ini berhasil menciptakan momentum positif bagi pengembangan seni dan budaya lokal. Semangat kolaborasi antarsanggar tari dan dukungan masyarakat menjadi landasan utama keberhasilan kegiatan ini.

"Harapannya, pelatihan semacam ini akan terus menjadi bagian integral dari perkembangan seni dan budaya di Kelurahan Gunungketur, menghasilkan generasi seniman yang semakin berbakat dan berinovasi," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement