Banyak Sanggar Seni Belum Memiliki NIK

Foto ilustrasi. - Istimewa/Dokumen Sanggar Srikandi
22 Desember 2021 12:27 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) masih banyak sanggar yang belum memiliki Nomor Induk Kesenian (NIK). Padahal NIK penting dalam pendataan dan pengembangan berbagai sanggar-sangaar kesenian.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul, Nugroho Eko Setyanto menyampaikan dari 60 sanggar tari yang mengikuti workshop, belum semuanya memiliki NIK. "Ada beberapa yang sudah memiliki NIK, tetapi ada juga yang belum. Sehingga kita arahkan di sana," terangnya pada Selasa (21/12).

Dijelaskan Nugroho, NIK memiliki banyak manfaat dalam pengembangan sanggar. "Satu kota mempunyai data tentang sanggar-sanggar yang ada," ujarnya.

"Ketika kita sudah memiliki data kan bisa memikirkan bagaimana pengembangan selanjutnya untuk berkontribusi pada kemajuan kebudayaan di Bantul," tambahnya.

Nugroho menduga belum diurusnya NIK oleh pengelola sanggar karena kesibukan latihan dan pentas masing-masing sanggar. Maka Disbud Bantul berusaha mendorong upaya pembuatan NIK oleh para sanggar kesenian

"Siapa yang ingin mencari NIK akan dikoordinasi oleh ketua paguyubannya, untuk sama-sama membua NIK," ujarnya.