Advertisement

Bupati Gunungkidul Mendorong Masyarakat untuk Promosi Desa

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 23 Januari 2024 - 23:37 WIB
Maya Herawati
Bupati Gunungkidul Mendorong Masyarakat untuk Promosi Desa Bupati Gunungkidul Sunaryanta - ist - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan agar masyarakat Gunungkidul melakukan promosi atau branding untuk desa/kalurahan masing-masing. Menurut dia, pembangunan Bumi Handayani menjadi tanggung jawab bersama.

Sunaryanta juga meminta Dinas Komunikasi dan Informatika untuk segera memfasilitasi pembangunan smart village dengan harapan semua potensi masing-masing wilayah dapat terangkat

Advertisement

"Nanti akan kami kolaborasikan dengan smart city. Akan coba kita terapkan smart village atau smart desa," kata Sunaryanta dalam keterangan tertulis, Selasa (23/1/2024).

Panewu Ngawen, Sugito mengatakan sebagai wilayah yang berada di pintu gerbang wilayah utara pihaknya mengaku akan fokus pada progam peningkatan ekonomi dan peningkatan lapangan pekerjaan.

"Progam peternakan, perikanan, pengentasan pengangguran, peningkatan perekonomian masih menjadi progam utama," kata Sugito.

BACA JUGA: Mahfud MD Mengonfirmasi Bakal Mundur sebagai Menko Polhukam

Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan forum smart city yang baru saja digelar menjadi semangat peningkatan kinerja pemerintah dan pendorong enam dimensi terkait dengan smart city.

"Aplikasi perlu kita benahi dan sistem pengadaan barang dan jasa, juga peningkatan SDM dan perlu terus kita dorong agar Gunungkidul dapat dikenal ditingkat nasional bahkan internasional," kata Suhartanta.

Saat ini, pembangunan smart city di Gunungkidul dapat dilihat melalui berbagai program inovasi seperti Sarujuk (Sistem Analisis Rekayasa Urusan Jurnalistik untuk Kemasyarakatan), Jarik Agung (Jaringan Infrastruktur Agawe Ungguling Gunungkidul), dan tim Berisik (Berbincang Asik Soal Statistik) yang menghasilkan Dopadu yaitu Data Olahan Persektor Terpadu.

Suhartanta menegaskan data olahan persektor terpadu dapat diikutkan dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dan mendapat penghargaan nasional.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang Hari Ini

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement