Advertisement

Pengurus Baru FKSS Komitmen Lestarikan Sungai di Sleman

Lugas Subarkah
Jum'at, 26 Januari 2024 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pengurus Baru FKSS Komitmen Lestarikan Sungai di Sleman Ketua FKSS lama AG.Irawan (kanan) menyerahkan tumpeng kepada Ketua FKSS baru Sugito (kiri), disaksikan Sekretaris DLH Sleman, Panewu Moyudan dan Kabid Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Sleman, di joglo Komunitas Siblon Kali Bandung, Moyudan, Sleman, Kamis (25/1/2024). - ist FKSS

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANForum Komunitas Sungai Sleman (FKSS) mengukuhkan pengurus baru untuk periode 26 Januari 2024 hingga 25 Januari 2026. Pengukuhan tersebut bertepatan dengan peringatan HUT ke 6 FKSS yang terus konsisten menjaga dan melestarikan sungai di Sleman.

Pengukuhan berlangsung di Joglo Komunitas Siblon, pinggir Kali Bandung, Kalurahan Sumberagung, Moyudan, Sleman, Kamis, (25/1/2024). Pengukuhan ini menandakan berakhirnya jabatan Ketua FKSS lama, AG Irawan, yang diganti Sugito. 

Advertisement

BACA JUGA: Perbaikan SDN Terban Butuh Rp550 Juta, Ini Langkah DPRD Bantul

AG Irawan mengatakan, selama enam tahun dipercaya sebagai ketua sejak terbentuk tahun 2018, dinamika komunitas sungai dalam upaya menjaga kelestarian sungai-sungai di Sleman cukup beragam.

“Ada yang berhenti di tengah jalan, ada yang terus hingga melahirkan pengurus baru. Ada pula yang bubar hingga kini. Kita bersyukur masih ada komunitas masyarakat yang terus konsisten peduli kelestarian sungai,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/1/2024).

Hal senada disampaikan Sugito. Kegiatan pelestarian sungai yang telah dilakukan komunitas sungai di Sleman sudah cukup berkembang baik. Terbukti sejumlah komunitas telah mampu menggerakkan warga yang bermukim di pinggir sungai untuk ikut merawat dan menjaga sungainya.

Kegiatan tersebut perlu terus mendapat dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman. “Saat ini, dari hasil verifikasi komunitas sungai yang dilakukan FKSS, di Sleman ada 34 komunitas sungai yang aktif dan tergabung di FKSS. Memang untuk wilayah Sleman barat baru ada di Moyudan,” kata dia.

Sugito yang juga pegiat Komunitas Sungai Pelang, Joho, Condongcatur ini menambahkan, kegiatan komunitas sungai tidak sebatas membersihkan  sampah di sungai. Namun melakukan edukasi kepada warga setempat agar menjaga aliran sungai dan kualitas air sungai. 

Di samping itu juga melakukan gerakan konservasi air dengan merawat mata air, sendang, belik yang masih ada. “Gerakan konservasi yang kami lakukan dengan menanam pohon-pohon konservasi di bantaran sungai yang mampu menyimpan air, seperti pohon gayam, pule, beringin, bambu, aren dan sejumlah pohon buah. Juga melakukan penebaran ikan lokal di sungai, seperti wader, melem, sidat serta ikan-ikan lokal Sleman,” terangnya.

Dalam menjalankan program kerjanya, kepengurusan FKSS terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Struktur ini didukung empat bidang, yaitu Bidang Edukasi dan Konservasi, Bidang Persampahan dan Limbah, Bidang Mitigasi dan Pengurangan Risiko Bencana, serta Bidang Arsip dan Media Center. 

BACA JUGA: Terbukti Efektif Menekan DBD, Begini Sejarah Penyebaran Nyamuk Wolbachia di Sleman

Sekretaris DLH Sleman, Sugeng Riyanta, menyambut baik adanya inisiatif masyarakat untuk membentuk komunitas peduli lingkungan yang khusus menjaga kelestarian sungai di wilayah Kabupaten Sleman. 

Sugeng mengaku, saat ini Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) sedang menjadi sorotan. Ada 3 IKLH yang harus kita perhatikan dan jaga, yakni indek kualitas air (IKA), indeks kualitas udara (IKU) dan indeks kualitas lahan (IKL).

Pihaknya mengajak semua elemen masyarakat terutama komunitas peduli sungai untuk ikut terlibat aktif menjaga dan merawat lingkungan sungai, khususnya kualitas air. “Disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Karena merawat sungai tidak bisa hanya sepenggal. Aliran sungai itu dari hulu, tengah hingga hilir,” ungkapnya.

Saat ini telah ada sebanyak 34 komunitas sungai di sejumlah wilayah sungai besar dan anak sungai di wilayah Kabupaten Sleman. Dengan mengusung tagline Sungai Sahabat Semua Sahabat Sungai, FKSS ingin mengajak publik lintas teritori dan lintas generasi, menjadikan sungai sahabat dalam menjalani kehidupan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement