Advertisement

Sleman Dapat Bantuan Logistik dan Peralatan Siaga Bencana dari BNPB

Newswire
Selasa, 30 Januari 2024 - 05:47 WIB
Ujang Hasanudin
Sleman Dapat Bantuan Logistik dan Peralatan Siaga Bencana dari BNPB Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menerima bantuan siaga darurat bencana hidrometeorologi dari BNPB di Kantor Sekretariat Daerah Sleman, Senin (29/1/2024). ANTARA - HO/Bagian Prokopim Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan n logistik dan peralatan untuk siaga darurat dalam penanggulangan bencana hidrometrologi kepada Pemerintah Kabupaten Sleman.

Bantuan berupa 200 paket sembako, 200 buah selimut, dan 200 buah terpal tersebut diserahkan secara simbolis oleh Anggota Komisi VIII DPR Esti Wijayanti kepad Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Kantor Sekretariat Daerah Sleman, Senin.

Advertisement

Danang Maharsa mengatakan, kondisi Siaga Darurat Bencana Hidrometrologi di Sleman menjadi perhatian Pemkab Sleman, sehingga status ini kemudian ditindaklanjuti melalui SK Bupati Sleman No. 675 Tahun 2023, tentang Status Siaga Darurat Bencana Hidrometrologi di Sleman.

"Penetapan SK ini dilakukan untuk mengantisipasi ancaman bencana seperti kekeringan, banjir, angin kencang, tanah longsor, cuaca ekstrem dan kebakaran hutan mulai 1 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024," katanya.​​​​​​​

Danang juga menyampaikan keprihatinan atas bencana puting beliung yang terjadi di Sleman pada Jumat (26/1) yang melanda wilayah Kapanewon (Kecamatan) Berbah, Prambanan, dan Kalasan.

Dari peristiwa tersebut diperkirakan taksiran kerugian korban bencana mencapai lebih dari Rp373 juta akibat rumah rusak ringan dan rumah rusak berat.

BACA JUGA: Hujan Deras dan Angin Kencang Melanda Sleman, Satu Orang Meninggal Dunia

"Untuk menanggulangi bencana ini kami telah melakukan sejumlah langkah seperti asesmen dampak bencana, pemotongan pohon yang menutup akses jalan yang membahayakan pengguna jalan, hingga menyalurkan bantuan kedaruratan," katanya.

Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati mengatakan salah satu upaya penanggulangan bencana dapat dilakukan dengan memperkuat pengetahuan masyarakat dalam menghadapi bencana. Hal ini dapat menjadi langkah untuk meminimalisir timbulnya korban lebih banyak.

"Masyarakat perlu diperkuat dengan berbagai cara, mulai dari simulasi, pelatihan dan pemahaman dalam mengantisipasi bencana," katanya.

Anggota Komisi VIII DPR Esti Wijayanti mengatakan penanggulangan bencana tidak hanya menjadi perhatian pemerintah, namun juga bagi seluruh masyarakat.

"Maka dari itu, pemahaman terhadap tindakan antisipasi bencana ini perlu dilakukan secara serius," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Tanggal Merah Mei 2024, Ada 2 Kali Libur Panjang

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement