Advertisement

Ada Jemaah Reguler Tak Lunasi Biaya Haji, Jemaah Cadangan Kulonprogo Bisa Jadi Berangkat

Catur Dwi Janati
Selasa, 30 Januari 2024 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Ada Jemaah Reguler Tak Lunasi Biaya Haji, Jemaah Cadangan Kulonprogo Bisa Jadi Berangkat Suasana Pembinaan Jemaah Haji Cadangan Kulonprogo, Senin (29/1/2024). - Istimewa/Kemenag Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kabar gembira datang untuk jemaah haji cadangan asal Kulonprogo di awal tahun ini. Kantor Kementerian Agama Kulonprogo mengungkap adanya kemungkinan jemaah haji cadangan bisa diberangkatkan tahun ini.

Kepala Kankemenag Kulonprogo, Wahib Jamil mengungkapkan menjadi jemaah haji cadangan termasuk sebuah anugerah yang harus disyukuri. Apalagi ada kemungkinan untuk bisa diberangkatkan.

Advertisement

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kata Jamil, jemaah haji cadangan asal Kulonprogo bisa diberangkatkan ke Tanah Suci menggantikan jemaah haji kuota reguler. 

"Bapak-ibu jangan berkecil hati dinyatakan sebagai jemaah haji cadangan, akan tetapi harus bersyukur. Karena pada pengalaman haji di tahun lalu untuk di Kulonprogo, pada akhirnya jemaah haji cadangan bisa diberangkatkan di tahun itu juga," kata Jamil di aula Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) pada Senin (29/1/2024).

Jemaah haji cadangan berkesempatan berangkat lantaran setiap tahunnya ada jemaah haji dari kuota reguler yang tidak melunasi biaya haji. Kesempatan ini lah yang selanjutnya bisa dipakai jemaah haji cadangan untuk berangkat ke Tanah Suci.

"Ujian bagi calon jemaah haji bermacam-macam, mulai dari materi, keluarga, bahkan kesehatan. Sehingga kita hanya bisa bertawakal dan berusaha agar diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Pelaksanaan haji mempunyai regulasi dari Kementerian Agama. Sehingga jalani saja prosesnya, maka Insyaallah akan dimudahkan semuanya," imbuhnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY, Aidi Johansyah menilai jemaah haji cadangan merupakan jamaah yang istimewa baginya. Karena walaupun statusnya cadangan, akan tetapi mereka berpeluang untuk diberangkatkan ke tanah suci.

Pada tahun ini, kuota jemaah haji DIY sebesar 3147 jemaah. Dari total tersebut, sebanyak 30% atau 944 kuota akan diperuntukkan bagi jemaah cadangan.

"Untuk kuota jemaah haji cadangan di Kulonprogo sebesar 95 jemaah. Sampai saat ini jemaah kuota reguler yang telah melakukan pelunasan di angka 50 persen dan untuk jemaah cadangan yang telah melunasi sebesar 139 jamaah dari 944 jamaah cadangan. Angka ini masih cenderung kecil," jelasnya.

BACA JUGA: Pembangunan Asrama Haji di Kulonprogo Diminta Dipercepat

Merujuk pada angka tersebut, Aidi menilai  jemaah haji cadangan mempunyai peluang untuk diberangkatkan tahun ini. Karena setiap tahun ada jemaah haji reguler yang tidak melakukan pelunasan karena satu dan lain hal.

"Untuk itu sebagai jamaah haji cadangan tidaklah berkecil hati. Bagi yang sudah istitha’ah, maka segeralah untuk melakukan pelunasan biaya haji di tahap pertama yang akan berakhir pada 12 Februari 2024. Belum lagi nanti akan ada penambahan kuota di tiap daerah, maka pesan kami segera saja melakukan pelunasan dan semoga kita diberikan kemudahan oleh Allah SWT," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mandi di Pantai, 2 Pelajar Ditemukan Meninggal Dunia

News
| Senin, 29 April 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement