Advertisement

BPBD Sleman Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Bencana Hidrometeorologi

Lugas Subarkah
Kamis, 01 Februari 2024 - 16:57 WIB
Ujang Hasanudin
BPBD Sleman Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Bencana Hidrometeorologi Petugas BPBD Sleman salurkan bantuan untuk warga terdampak, Rabu (31/1/2024) malam - ist BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman menyalurkan bantuan untuk warga terdampak bencana hidrometeorologi yang terjadi pada Rabu (31/1/2024) lalu. Beberapa rumah warga rusak akibat kejadian itu.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Bambang Kuntoro, menjelaskan bantuan yang didistribusikan berupa logistik atau pangan dan bantuan non pangan. “Kayak terpal, tikar, slimut, sudah didistribusikan,” ujarnya, Kamis (1/2/2024).

Advertisement

Bantuan tersebut didistribusikan untuk beberapa warga yang rumahnya terdampak bencana akibat hujan dan angin kencang yang menyebabkan pogon tumbang hingga longsor. “Bantuan untuk warga yang rumahnya kena longsoran dan sebagainya,” katanya.

Kejadian itu juga mengakibatkan longsor dan kerusakan di beberapa lokasi. Terkait hal ini, BPBD Sleman berkoordinasikan dengan dinas terkait untuk penanganan lebih lanjut, karena diperlukan biaya yang cukup besar.

“Untuk yang ambrol-ambrol, longsoran di jalan, tentunya perlu ada komunikasi dengan dinas terkait. Ini kewenangan siapa terkait yang harus memperbaiki, bersumber dari dana mana saja. Karena ini cukup besar anggarannya untuk memperbaiki,” paparnya.

BACA JUGA: Hujan Angin Sebabkan Banjir, Pohon Tumbang, Hingga Longsor di Sleman, Ini Sebarannya

Ia menuturkan akibat hujan dan angin kencang ini, di sejumlah wilayah terjadi pohon tumbang, banjir dan longsor. Di Kapanewon Pakem, ada satu titik terdampak yakni sebuah pohon tumbang di Kalurahan Purwobinangun.

Kemudian di Kapanewon Depok ada tiga titik dampak, meliputi di Kalurahan Condongcatur sebuah pohon tumbang, di Kalurahan Caturtunggal dua pohon tumbang yang menimpa bangunan mengakibatkan satu rumah dan satu tempat usaha rusak ringan.

Kapanewon Minggir satu titik terdampak yakni satu pohon tumbang menimpa satu rumah yang mengalami rusak ringan di Kalurahan Sendangmulyo. Di Kapanewon Prambanan, satu titik terdampak yakni pohon tumbang dan satu rumah rusak ringan di Kalurahan Sambirejo.

Di Kapanewon Ngaglik satu titik dampak berupa pohon tumbang dan jaringan internet rusak di Kalurahan Sariharjo. Kapanewon Cangkringan satu titik dampak berupa pohon tumbang dan satu rumah rusak ringan di Kalurahan Umbulharjo.

Adapun dampak longsor terjadi di sejumlah titik, meliputi Kalurahan Caturtunggal, Depok; Kalurahan Sidorejo, Godean; Kalurahan Pandowoharjo, Sleman; Kalurahan Sinduharjo, Ngaglik. Longsor paling banyak di Prambanan yakni di Kalurahan Sambirejo satu tebing longsor yang memutur satu ruas jalan dan dua titik tebing longsor di Kalurahan Gayamharjo mengakibatkan dua rumah rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement