Advertisement

Koalisi Masyarakat Jogja Desak Pelaksanaan Pemilu Damai dan Berkualitas

Sunartono
Rabu, 07 Februari 2024 - 04:57 WIB
Sunartono
Koalisi Masyarakat Jogja Desak Pelaksanaan Pemilu Damai dan Berkualitas Sekelompok masyarakat yang menamakan diri Koalisi Masyarakat Yogyakarta menggelar deklarasi Pemilu damai dan mendesak pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lebih berkualitas, Selasa (6/2 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sekelompok masyarakat yang menamakan diri Koalisi Masyarakat Yogyakarta menggelar deklarasi Pemilu damai dan mendesak pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lebih berkualitas, Selasa (6/2/2024).

Deklarasi itu dihadiri perwakilan komunitas driver dan ojek online, terdiri atas Grab Bikes Gunungkidul (GBGK), Grab Babat Alas (GBA), Paguyupan Driver Bantul, Grab Gojek Comunity (GGC), Grab Bike Grab Car (GBGC), Aspal Grab Jogja (AGJ), Maxim Jogja, Ojol Jogja Berbagi (OJB) dan Pasukan Shopee Jogja (Pashoja).

Advertisement

BACA JUGA : IMM DIY Serukan Pemilu Damai Tanpa Polarisasi

Koordinator Koalisi Masyarakat Yogyakarta Cyprianus Lilik Krismantoro Putro mengatakan saat ini masyarakat dihadapkan pada kegelisahan akan keberlangsungan, kualitas, dan integritas pemilu. Padahal pelaksanaan Pemilu bukan sekadar untuk kepentingan elektoral semata, melainkan masa depan demokrasi di Indonesia. Bahkan masyarakat dihadapkan pada potensi ancaman permusuhan, kebencian dan konflik satu dengan lainnya.

"Oleh karena itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama-sama mewujudkan pemilu damai dan berkualitas, berjalan jujur dan adil serta menempatkan persatuan dan kesatuan serta keutuhan hidup berbangsa daripada kepentingan elektoral semata," katanya.

Ia mendesak segenap penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu maupun DKPP agar berjuang secara serius mewujudkan pemilu yang demokratis yakni pemilu yang mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, efektif, dan efisien. Kepada segenap aparat pemerintahan dan keamanan pendukung harus bersama-sama berusaha mendukung mewujudkan pemilu yang demokratis tersebut.

BACA JUGA : Gandeng Forkopimda dan Parpol, Bawaslu Sleman Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Di sisi lain kalangan masyarakat sipil, akademisi agar tetap mengawal, mengawasi, dan mengontrol jalannya Pemilu. Selain itu masyarakat sipil bisa menggunakan hak politiknya secara damai, kritis, bijaksana, berprinsip, berdasarkan hati nurani, demi mewujudkan pemilu yang berkualitas dan pemimpin publik yang berkualitas.

"Kepada segenap partisipan pemilu agar berkomitmen pada tegaknya nilai-nilai dasar hidup berbangsa yaitu Pancasila. Berpolitiklah secara etis, menjunjung tinggi moral politik, berbudaya, nirkekerasan dan membangun hidup bersama yang setara dan bermartabat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement