Advertisement

Petugas KPPS di Sleman Jemput Bola ke Rumah Warga yang Sakit

David Kurniawan
Rabu, 14 Februari 2024 - 17:07 WIB
Ujang Hasanudin
Petugas KPPS di Sleman Jemput Bola ke Rumah Warga yang Sakit Petugas KPPS TPS 102 saat melakukan pelaksanaan pemiliha di rumah warga yang mengalami sakit. Rabu (14/2/2024). - Harian Jogja David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pelaksanaan pemilihan tidak hanya dilakukan di TPS. Pasalnya, ada petugas KPPS yang mendatangi rumah warga untuk membantu dalam proses pemilihan.

Pelaksanaan pemilihan jemput bola ini, salah satunya dilakukan di TPS 102 di Kalurahan Maguwo, Depok. Total dari 297 pemilih, ada tiga orang yang terpaksa mencoblos di rumah dikarenakan sakit.

Advertisement

Ketua KPPS TPS 102, Muhammad Misbah mengatakan, pelaksanaan pemilihan tidak hanya dilakukan di TPS. Pasalnya, juga ada kebijakan jemput bola bagi calon pemilih yang sakit sehingga tidak bisa datang ke lokasi pemilihan.

“Tempat kita juga ada yang dilakukan pemilihan dengan jemput bola. Ini sama seperti yang dilakukan oleh pasien di rumah sakit,” kata Misbah kepada wartawan, Rabu (14/2/2024).

BACA JUGA: Usai Nyoblos, Mahfud MD Bertolak ke Jakarta Pantau Quick Count Bersama Ganjar dan Megawati

Menurut dia, pemilihan dengan mendatangi calon pemilih memang diperbolehkan karena sudah disampaikan saat bimbingan teknis (Bimtek) untuk pemilihan. Meski demikian, ada syarat yang dipenuhi seperti calon pemilih sakit sehingga tidak bisa mendatangi TPS, ada permohonan dari keluarga.

Pada saat pencoblosan di rumah, petugas KPPS tidak sendirian karena juga didampingi minimal oleh dua orang saksi. Di sisi lain, untuk wadah hasil surat suara harus dipastikan menggunakan kantong gelap.

“Sudah sesuai aturan dan di TPS kami ada tiga orang yang didatangi agar bisa tetap memilih. Tujuan jemput bola, untuk memastikan hak suara yang dimiliki tetap terlindungi,” katanya.

Dia menambahkan, untuk menarik minat pemilih datang ke lokasi, seluruh petugas KPPS menggunakan pakaian tari Badui yang merupakan kesenian asli Sleman. Di sisi lain, juga menyediakan tempat foto serta layanan cek Kesehatan gratis bagi pemilih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Alami 6 Kali Letusan Pagi Ini

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement