Advertisement

Gelar Donor Darah, PWI Sleman Siapkan Doorprize Sepeda, Catat Tanggal Pelaksanaannya

Abdul Hamied Razak
Selasa, 20 Februari 2024 - 23:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Gelar Donor Darah, PWI Sleman Siapkan Doorprize Sepeda, Catat Tanggal Pelaksanaannya Ketua PWI Kabupaten Sleman, Wisnu Wardhana bersama Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman, Aris Herbandang saat persiapan pelaksanaan Aksi Donor Darah memperingati Hari Pers Nasional di Sleman, Selasa (20/2 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sleman akan menggelar aksi sosial donor darah, Senin (26/2/2024). Kegiatan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman ini diselenggarakan dalam rangka Hari Pers Nasional tahun 2024.

Ketua PWI Kabupaten Sleman, Wisnu Wardhana menyampaikan, aksi sosial ini akan dilaksanakan di Ruang Rapat Sembada, Kantor Pemkab Sleman pada 26 Februari 2024 mendatang. Aksi ini juga menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman dengan target lebih dari 100 peserta.

Advertisement

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Unggul di DIY, Relawan Bergerak 1912 Ucapkan Terima Kasih ke Warga

“Aksi donor darah ini kami targetkan lebih dari 100 pendonor. Apalagi panitia juga menyediakan doorprize menarik di antaranya sepeda dan alat-alat elektronik bagi peserta donor darah yang lolos sebagai pendonor,” kata Wisnu, Selasa (20/2/2024).

Kegiatan donor darah ini digelar, lanjutnya, karena beberapa bulan terakhir PMI Sleman masih kekurangan banyak kantong darah. Untuk memenuhi tingginya kebutuhan darah di Sleman, PMI bahkan harus mendatangkan dari luar daerah.

"Jadi kami ingin membantu PMI untuk bisa memenuhi permintaan darah dengan mengajak masyarakat dalam aksi sosial ini. Mari sukseskan kegiatan donor darah ini karena setetes darah sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan," ajaknya.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman, Aris Herbandang menambahkan, Pemkab Sleman sangat mendukung aksi kemanusiaan yang dilaksanakan oleh PWI Sleman.

Rasa peduli terhadap sesama khususnya masyarakat yang membutuhkan darah, bukan hanya tanggung jawab PMI, tetapi menjadi keprihatinan bersama termasuk pemerintah, organisasi masyarakat maupun institusi lain.

“Kegiatan donor darah yang dilakukan PWI Kabupaten Sleman ini kita harapkan dapat menggugah pihak lain dengan menggelar kegiatan yang sama,” ujarnya.

BACA JUGA: Gerindra Buka Kemungkinan Koalisi Indonesia Maju Berkoalisi dengan Kubu 01 dan 03

Terpisah, Ketua PMI Sleman, Sunartono menjelaskan, sejak akhir tahun 2023, kebutuhan darah di PMI Sleman meningkat signifikan. Pihaknya bahkan harus mendatangkan kantong darah dari luar daerah agar bisa memenuhi tingginya permintaan darah.

“Untuk mencukupi permintaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan, PMI Sleman harus mendatangkan kantong darah dari luar daerah. Karena stok darah di PMI Sleman tidak mencukupi,” ungkapnya.

Dijelaskan, kebutuhan darah PMI Sleman per hari hanya berkisar 60-70 kantong darah per hari atau berkisar 2.000 kantong per bulan. Tetapi, sejak empat bulan terakhir ini, permintaan masyarakat meningkat menjadi 100 kantong per hari atau sekitar 3.000 kantong darah per bulan.

“Berdasarkan data, PMI Sleman masih kekurangan darah sekitar 1.000 kantong per bulan. Ini menjadi tantangan berat bagi jajaran PMI Sleman,” ungkapnya.

Untuk memenuhi permintaan masyarakat, PMI Sleman berupaya melakukan droping kantong darah dari luar daerah. Bahkan menjangkau hingga wilayah Purworejo, Semarang, Surabaya dan Banyumas.

“Agar kebutuhan masyarakat tercukupi, sekitar 30 persennya PMI Sleman harus mendatangkan kantong darah dari luar daerah,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement