Advertisement

Lantik Pengurus BK3S DIY 2023-2028, Sultan Tekankan Soal Pemerataan Kesejahteraan

Yosef Leon
Kamis, 22 Februari 2024 - 12:47 WIB
Ujang Hasanudin
Lantik Pengurus BK3S DIY 2023-2028, Sultan Tekankan Soal Pemerataan Kesejahteraan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat melantik pengurus BK3S FOY periode 2023-2028 Kamis (22/2/2024). - harian Jogja / Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik pengurus badan koordinasi kegiatan kesejahteraan sosial (BK3S) DIY periode 2023-2028, Kamis (22/2/2024). Dalam arahannya Sultan yang menyebut bahwa BK3S merupakan mitra Pemda dalam urusan kesejahteraan punya tanggung jawab untuk memastikan terciptanya pemerataan kesejahteraan sosial. 

Sultan mengatakan, pelantikan itu hendaknya tidak hanya dianggap sebagai sebuah seremonial belaka. Namun menjadi manifestasi dari semangat kolektif untuk membawa perubahan yang positif dalam bidang kesejahteraan sosial di wilayah setempat. Selain itu sejak awal berdirinya BK3S sudah mengemban misi moral yang strategis soal nurani manusia untuk membantu sesamanya. 

Advertisement

"Saya mengajak kita semua memandang ke depan dengan penuh optimisme bahwa ini bukan transisi kepengurusan semata, tetapi juga tentang mempercepat langkah pembangunan menuju makna hakiki keistimewaan Jogja yakni meningkatnya kesejahteraan dan martabat masyarakatnya," ujarnya.  

Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih menjelaskan, BK3S mempunyai tugas pokok dan fungsi berupa penguatan lembaga kesejahteraan sosial (LKS) atau organisasi yang menyelenggarakan pelayanan kepada pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial. Saat ini lembaga itu tengah merintis program pendidikan dan pelatihan pelayanan sosial dan pemberdayaan LKS. 

BACA JUGA: Jatah Kursi DPD RI dari DIY Hanya 4 Diperebutkan 9 Kandidat, Begini Cara Menghitungnya

"Selain itu juga ada di bidang pengelolaan aset kerja sama dengan usaha kehumasan informasi dan publikasi pengorganisasian advokasi perlindungan HAM dan juga data pengembangan program," jelasnya. 

Adalah pengurus BK3S periode 2023-2028 yang dilantik yakni Ketua Umum GKR Hemas, Ketua I GKBRAA Paku Alam, Sekretaris Umum Sugiyanto, Sekretaris Tomy Hendrawanto, Bendahara Umum Titik Susanti Christina, Bendahara Yuli Setyowati. Kemudian bidang pendidikan dan pelatihan Asep Jahidin dan Feri Rahmawan; pelayanan sosial dan pemberdayaan lembaga kesejahteraan sosial Irwan Fauzi dan Minardi. 

Sementara bidang aset, kerja sama dan usaha Reno Candra Sangaji, Suwanto dan Semuel Yaved Lapudooh; humas, informasi dan publikasi Umi Mu'af Winingsih dan Rumiyati; organisasi, advokasi, perlindungan dan HAM Edy Wijayanti, Suparyati dan Ahmad Hidayat; data dan pengembangan program Sukamto, Musoli dan Sumarni. 

GKBRAA Paku Alam yang membacakan sambutan GKR Hemas menyebut, di periode ini pihaknya akan fokus pada penguatan LKS. Pihaknya berharap di kepengurusan baru ini para anggota mampu melaksanakan amanah dengan baik, bermanfaat, kreatif dan inovatif sesuai harapan serta sejalan dengan visi-misi Pemerintah Daerah DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement