Advertisement

Proyek Tol Jogja-Solo: Viral Rumah di Tamanmartani Sleman Masih Berdiri Kokoh di Tengah Lalu Lalang Proyek

Sunartono
Senin, 26 Februari 2024 - 13:07 WIB
Sunartono
Proyek Tol Jogja-Solo: Viral Rumah di Tamanmartani Sleman Masih Berdiri Kokoh di Tengah Lalu Lalang Proyek Tangkapan layar sebuah rumah yang masih berdiri kokoh di tengah proyek tol Jogja-Solo di Tamanmartani, Kalasan, Sleman. - Youtube/KakaTV.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah video yang menampakkan sebuah rumah yang masih berdiri kokoh di tengah area proyek tol Jogja-Solo yang berada di kawasan Kalurahan Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Video tersebut pun viral di media sosial dengan berbagai komentar warganet terkait tol Jogja-Solo.

Video tersebut diunggah di akun Instagram @merapi_uncover pada Sabtu (24/2/2024) lalu. Adapun video ini berasal dari akun Youtube KakaTV yang secara khusus menampilkan perkembangan proyek tol Jogja-Solo di Tamanmartani.

Advertisement

BACA JUGA : Pembangunan Tol Jogja-Bawen Dilanjutkan 6 Seksi, Ini Rincian Jalurnya

Di video tersebut memperlihatkan sebuah rumah cukup besar berlantai dua yang masih berdiri kokoh dan belum dihancurkan. Sementara di samping kiri dan kanan secara keseluruhan seluruh bangunan telah rata dengan tanah. Di sekitar rumah tersebut juga telah dipenuhi alat berat yang meratakan objek calon jalan tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani tersebut.

Beberapa warganet ada berkomentar terkait kemungkinan pemilik rumah yang belum menyepakati soal harga. Meski demikian warganet lainnya, bahkan beberapa yang mengaku sebagai warga sekitar meluruskan bahwa bangunan tersebut belum dihancurkan karena masih terkendala administrasi yang belum dapat diselesaikan.

Saat dimintai konfirmasi melalui ponselnya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Dian Ardiansyah membenarkan terkait video yang viral tersebut memang berada di Tamanmartani, Kalasan, Sleman tepatnya di Padukuhan Tegalrejo.

“Soal info di Instagram itu memang benar adanya di Tegalrejo Tamanmartani. Kalau berdasarkan data kami, itu rumah dan lahan warga atas nama Warsiati Susana,” katanya Senin (26/2/2024).

Dian menambahkan warga terdampak atas nama tersebut memiliki dua bidang lahan terdampak tol Jogja-Solo kebetulan berada di wilayah Tamanmartani. Kedua bidang lahan tersebut seluas 102 meter persegi dan 82 meter persegi. Kedua lahan ini telah diajukan ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk pencairan uang ganti rugi.

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran 2024, Sepanjang 25 Kilometer hingga Kota Klaten

Meski demikian dari lahan terdampak miliki Warsiati tersebut hanya satu bidang yang disetujui LMAN yaitu lahan dan bangunan dengan luas 102 meter persegi. Sedangkan lahan dan bangunan seluas 82 meter persegi yang belum disetujui adalah rumah yang viral tersebut. Sehingga belum dihancurkan oleh pelaksana proyek tol Jogja-Solo.

“Beliau memiliki 2 bidang tanah yang terkena tol Jogja-Solo dan dua-duanya sudah pernah diajukan ke LMAN. Yang satu bidang tanah seluas 102 meter persegi sama bangunan sudah disetujui LMAN dan sudah dibayarkan ke PYB [pihak yang berhak]. Sedangkan yang satunya seluas 82 meter persegi ditolak oleh LMAN karena ada masalah di alas haknya [sehingga tanah dan bangunan belum bisa dibebaskan],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement