Advertisement

Genangan dan Banjir Masih Ditemui di Jogja, Pemkot Salahkan Debit Air yang Tinggi

Lugas Subarkah
Senin, 26 Februari 2024 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Genangan dan Banjir Masih Ditemui di Jogja, Pemkot Salahkan Debit Air yang Tinggi Ilustrasi banjir - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Genangan terjadi di sejumlah titik di Kota Jogja ketika hujan deras pada Minggu (25/2/2024) lalu. Pemkot Jogja mengklaim saluran drainase masih berfungsi bagus, hanya saja debit air melebihi daya tampung.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Nur Hidayat menjelaskan banjir terjadi merata di mana-mana dengan ketinggian air yang juga merata. “Barat hujan, utara juga hujan. Jadi debit airnya hujan di kota merata, intensitas tinggi dan lama,” katanya, Senin (26/2/2024).

Advertisement

Hujan deras dengan waktu cukup lama dan terjadi di daerah sekitar Kota Jogja seperti Sleman, turut menambah debit air yang masuk ke Kota Jogja hingga memicu genangan. “Karena saluran tidak bisa tersalurkan dengan cukup. Jadi naik ke atas,” katanya.

Padahal, menurutnya saluran drainase Kota Jogja masih berfungsi bagus, tidak ada penyumbatan atau permasalahan signifikan lainnya. “Karena sekarang tidak ada sampah liar menumpuk seperti dulu. Karena memang daerah utara itu terlalu banyak air yang ke selatan. jadi memang curah hujan debit besar,” paparnya.

BACA JUGA: Banjir Genang Ring Road Selatan, Pengalihan Arus Kendaraan Dilakukan

Dalam kejadian ini ia tidak mendapat laporan adanya kerusakan atau korban jiwa, karena angin relatif lebih kecil di Kota Jogja. “Belum ada laporan, walaupun hujan lebat kayak gitu belum ada. Cuma pohon tumbang satu. Yang minggu-minggu kemaren yang banyak. Karena ini mungkin anginya yang di kota tidak terlalu besar,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Diminta Menjauh Radius 13 Km

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement