Advertisement

Digelar Lagi Tahun Ini di SCH, Kontes Arwana Diserbu Peserta Mancanegara

Catur Dwi Janati
Senin, 26 Februari 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Digelar Lagi Tahun Ini di SCH, Kontes Arwana Diserbu Peserta Mancanegara Suasana Kontes Arwana yang digelar di Atrium Rama Sleman City Hall pada Minggu (25/2/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Puluhan peserta dari dalam dan luar negeri tumpah ruah mengikuti Kontes Arwana yang diinisiasi Arwana Club Yogyakarta (ACY) di Sleman. Tak sekadar kontes, ajang ini juga menjadi medium edukasi pelestarian arwana yang dilindungi. 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi gelaran syarat edukasi semacam ini. Tak hanya sebagai ajang kontes hobi semata, agenda ini dinilai Kustini bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat. Khususnya pengetahuan tentang budi daya arwana dan upaya melestarikan keberadaan arwana yang dilindungi

Advertisement

"Melalui kontes ini saya harap mampu memfasilitasi dan mengakomodir antusiasme para penggemar arwana di Indonesia. Semoga dengan kontes ini nantinya juga akan mempromosikan potensi ikan arwana Kabupaten Sleman ke kancah nasional dan internasional," ujarnya di Atrium Rama Sleman City Hall, Minggu (25/2/2024).

Lebih jauh, Kustini berharap kedepannya kontes ini juga bisa menarik lebih banyak  peserta dari manca negara. Bukan hanya bisa menjadi wadah bertukar ilmu, gelaran ini juga bisa menjadi daya tarik warga negara asing untuk datang ke Sleman.

Perwakilan Arwana Club Yogyakarta sekaligus panitia kontes, Purwo menyebut ada 74 peserta yang mengikuti ACY ketiga ini. Para peserta terbagi dalam tujuh kelas.

BACA JUGA: Ada Pameran Ikan Arwana di Sleman City Hall

Puluhan peserta yang ambil bagian dalam kontes in berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Kalimantan dan luar negeri seperti Filipina, Kamboja dan Thailand.

"Ke depannya tujuan kontes ini tentu menemukan arwana kelas terbaik dan juga mengenalkan arwana jenis Super Red yang dilindungi dan langka kepada masyarakat. Selain itu, kami juga berusaha nantinya Kabupaten Sleman dan DIY dapat menjadi salah satu tempat pembudidayaan arwana jenis Super Red karena tidak bisa dibudidayakan di sembarang tempat," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Anies Bilang Begini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement