Advertisement

Besok Rekapitulasi Suara di Tingkat Kabupaten di Bantul, Logistik dari Banguntapan Belum Masuk

Jumali
Selasa, 27 Februari 2024 - 12:27 WIB
Maya Herawati
Besok Rekapitulasi Suara di Tingkat Kabupaten di Bantul, Logistik dari Banguntapan Belum Masuk Ilustrasi pemungutan suara. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul memastikan surat suara, logistik dan hasil rekapitulasi dari 16 kapanewon dari total 17 kapanewon di Bumi Projotamansari telah diterima. Tersisa Kapanewon Banguntapan belum mengirimkan logistik hasil pemungutan suara Pemilu 2024.  

Rencananya, KPU Bantul akan memulai rekapitulasi di tingkat kabupaten pada Rabu (28/2/2024). “Sampai pagi ini, yang belum mengirimkan tinggal Kapanewon Banguntapan. Kemungkinan sore ini sudah dikirimkan,” kata Ketua KPU Bantul Joko Santosa, Selasa (27/2/2024).

Advertisement

Lebih lanjut Joko mengungkapkan, untuk pelaksanaan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten, akan digelar di pendopo Kantor KPU Bantul, Rabu (28/2/2024). Saat ini sejumlah persiapan telah dilakukan oleh KPU untuk memperlancar pelaksanaan rekapitulasi.

“Kami juga telah mengirimkan surat kepada peserta pemilu untuk mengirimkan saksi pada saat rekapitulasi,” terang Joko.

Menurut Joko, pada rekapitulasi di tingkat kabupaten nantinya hanya akan dibuka kotak kontainer yang saat ini tersimpan di kantor KPU Bantul. Untuk kotak suara yang kini disimpan di gudang KPU di Sewon tidak akan dibuka.

“Rekapitulasi besok itu rekapitulasi hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh PPK. Kami akan mulai dari kapanewon terjauh yakni Dlingo. Dari Pilpres, DPD sampai DPRD kabupaten/ kota,” kata Joko.

BACA JUGA: Stok Darah di Wilayah DIY 27 Februari 2024 dan Jadwal Donor Darah Besok

Joko mengungkapkan KPU Bantul menargetkan rekapitulasi di tingkat kabupaten digelar lima hari. Sehingga diperkirakan tanggal 3 Maret, rekapitulasi (hasil pemilu) akan selesai. “Begitu selesai akan langsung kami plenokan,” ucap Joko.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Bantul Dewi Nurhasanah mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap jalannya rekapitulasi di tingkat kabupaten.

“Kami akan fokus kepada keterpenuhan prosedur dalam proses rekapitulasi di tingkat kabupaten, pembetulan hasil pada saat rekapitulasi dan mengawasi semua proses pelaksanaan rekapitulasi  di tingkat kabupaten agar sesuai dg regulasi,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement