Advertisement

Pagi Ini Ada Pawai Budaya Siswa SMA dan SMK di Kota Jogja, Waspada Jalanan Padat Merayap

Maya Herawati
Kamis, 07 Maret 2024 - 09:17 WIB
Maya Herawati
Pagi Ini Ada Pawai Budaya Siswa SMA dan SMK di Kota Jogja, Waspada Jalanan Padat Merayap Siswa SMKN 2 Jogja saat kirab budaya dalam rangka menyambut Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang jatuh pada 13 Maret, Kamis (7/3/2024). - Harian Jogja - Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah SMA dan SMK di Kota Jogja pagi ini menggelar pawai budaya menyambut Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang jatuh pada 13 Maret. Sejumlah tepi titik jalan utama di Kota Jogja dipenuhi barisan siswa yang mengenakan busana tradisional.

Lalu lintas di jalan-jalan utama padat merayap pada Kamis pagi. Salah satu iring-iringan pawai budaya terlihat di Jalan AM Sangaji Kota Jogja berasal dari SMKN 2 Jogja. Ratusan anak menampilkan masing-masing tradisi budaya yang ada di DIY.

Advertisement

Menurut guru SMKN 2 Jogja, Dwi Saptowati yang mengiringi rombongan pawai budaya, di sekolahnya tiap kelas diwajibkan menampilkan budaya tradisi yang ada di DIY sesuai yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah.

“Macam-macam temanya, semuanya mencerminkan tradisi yang ada di DIY. Kami terbagi dalam 12 kelas yang masing-masing kelas nanti mewakili satu tradisi yang ditampilkan dalam pawai budaya,” ujarnya, Kamis.

BACA JUGA: Hari Jadi DIY Disepakati 13 Maret, Pemda Siapkan Perayaan dengan Nuansa Khas Jogja

Salah satu kelas di SMKN 2 Jogja menampilkan tradisi reog Gunungkidul. Mereka mengenakan busana seperti penari reog. Ada juga yang menampilkan tradisi rasulan sebagai bentuk perayaan atau tradisi pascapanen Gunungkidul.

Tradisi rasulan ditampilkan para siswa dangan mengenakan busana tradisional lurik, surjan, kebaya dilengkapi dengan uba rampe yang diusung dalam miniatur joglo. Dalam barisan para siswa membawa besek besar sebagai simbol wadah makanan perayaan rasulan.

Hari Jadi DIY dalam waktu dekat akan disahkan dalam Perda Hari Jadi DIY. Saat ini prosesnya baru kesepakatan Raperda.

Penetapan Hari Jadi DIY  mengacu peristiwa Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat pada Kamis Pon tanggal 29 Jumadil Awal Tahun Be 1680 yang bertepatan dengan 13 Maret 1755 Masehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Anies Bilang Begini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement