Advertisement

Sentul Selesai, Pasar Terban & Pasar Kluwih Menyusul Diperbaiki

Alfi Annisa Karin
Selasa, 12 Maret 2024 - 04:07 WIB
Ujang Hasanudin
Sentul Selesai, Pasar Terban & Pasar Kluwih Menyusul Diperbaiki Suasana Pasar Sentul seusai direvitalisasi seperti terlihat, Senin (11/3/2024)./ Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Seluruh pedagang Pasar Sentul telah menyelesaikan proses boyongan dari selter di Jalan Babaran menuju bangunan Pasar Sentul yang baru. Setelah merampungkan revitalisasi Pasar Sentul, Pemkot Jogja kembali menyasar dua pasar untuk direvitalisasi. Targetnya akan selesai pada 2024. Keduanya adalah Pasar Terban dan Pasar Kluwih, Ngadikusuman.

Kabid Pasar Rakyat Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Jogja, Gunawan Nugroho Utomo menuturkan nantinya eks Selter Pasar Sentul yang berlokasi di Jalan Babaran akan digunakan untuk menampung sementara para pedagang dari Pasar Terban dan Pasar Kluwih, Ngadikusuman. "Selter di Babaran akan digunakan untuk relokasi pasar lainnya di Kota Jogja. Terdekat, Pasar Terban dan Pasar Kluwih," ujarnya saat dihubungi, Senin (11/3).

Advertisement

Gunawan mengaku proses komunikasi dengan pedagang telah dilakukan. Jajarannya telah mengajak paguyuban dan pengurus Pasar Terban untuk musyawarah dan meminta masukan. Sementara, pedagang Pasar Kluwih Ngadikusuman juga telah mengetahui rencana itu. Sebab, sejatinya rencana revitalisasi dilakukan bersamaan dengan Pasar Prawirotaman yang telah diresmikan pada 2020. "Tetapi karena Covid-19, terjadi refocusing anggaran, sehingga revitalisasi ditunda. Tahun ini sudah mulai kami reviu, baik reviu perencanaan maupun UKL UPL [Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan]," katanya.

Meski menempati bangunan selter lama, Gunawan memastikan selter di Jalan Babaran mampu menampung pedagang dari Pasar Terban dan Pasar Kluwih, Ngadikusuman, terlebih, jumlah pedagang di kedua pasar itu tak sebanyak jumlah pedagang Pasar Sentul yang mencapai 590 pedagang.

BACA JUGA: Dibangun Lebih Modern, Pasar Sentul Bakal Jadi Pusat Wisata Belanja Baru di Jogja

"Kemungkinan space-nya masih mampu menampung pedagang dari kedua pasar itu. Sudah kami perkirakan tempatnya mencukupi," ujarnya.

Tahun ini menjadi hajat besar bagi Pemkot Jogja dalam aspek revitalisasi pasar rakyat. Gunawan mengatakan tahun-tahun sebelumnya hanya ada satu pasar yang direvitalisasi setiap tahun. Untuk tahun ini, Disdag kota Jogja menargetkan revitalisasi dua pasar.
Bukan tanpa sebab, terakhir Pasar Terban dan Pasar Kluwih Ngadikusuman direvitalisasi terbilang sudah lama, sehingga sudah membutuhkan berbagai perbaikan.

Dia menambahkan Disdag Kota Jogja dalam waktu dekat akan bergerak untuk melakukan persiapan, sedangkan untuk eksekusi revitalisasi di kedua pasar itu masih menunggu informasi lanjutan dari Kementerian PUPR.

"Untuk revitalisinya kami masih menunggu dari Pusat karena yang mengerjakan langsung dari Kementerian PUPR. Setahu kami, hasil update dari teman-teman masih proses persiapan lelang, bahkan saat ini sudah masuk proses lelang," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement