Advertisement

Meriahkan HUT DIY, DPAD DIY Gelar Pameran Landmark Hadeging Nagari Ngayogyakarta

Media Digital
Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:12 WIB
Sunartono
Meriahkan HUT DIY, DPAD DIY Gelar Pameran Landmark Hadeging Nagari Ngayogyakarta Pengunjung Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menyaksikan pameran Landmark Hadeging Nagari Ngayogyakarta, Jumat (15/3/2024). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati.

Advertisement

JOGJA—Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ke-269 yang jatuh pada 13 Maret 2024, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menyelenggarakan pameran foto bertajuk Landmark Hadeging Nagari Ngayogyakarta.

Pameran ini dapat disaksikan di lobby Gedung Depo Arsip DIY oleh masyarakat umum. Puluhan koleksi yang disajikan mulai dari foto Hamengku Buwono I, peta wilayah DIY, landmark Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja zaman dahulu, lukisan ilustrasi pembangunan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Tamansari, hingga potret Pasar Beringharjo tempo dulu.

Advertisement

BACA JUGA : Rayakan HUT Ke-2 Diorama Arsip Jogja, DPAD DIY Luncurkan Website Payment Gateway

Kepala Bidang Pengolahan Arsip Statis DPAD DIY Rahmad Sutopo mengatakan penyelenggaraan pameran ini sebagai wujud bahwa DPAD DIY turut mangayubagya atau memeriahkan peringatan Hari Jadi DIY. "Masyarakat dapat melihat beragam landmark yang masih terlihat jelas di DIY hingga saat ini. Pemberian narasi pada koleksi yang dipamerkan juga sudah berdasarkan kajian bersama ahlinya seperti pakar sejarah," kata Rahmad kepada Harian Jogja, Jumat (15/3/2024).

Masyarakat umum yang mengantre untuk menyaksikan Diorama bisa menunggu sembari menyaksikan pameran yang ada. Harapannya, masyarakat dapat semakin memahami bahwa DIY dibangun dengan konsep yang jelas dan penuh perjuangan.

Selain pameran foto, DPAD DIY juga memeriahkan Hari Jadi DIY dengan membuka layanan diorama untuk pamong kelurahan se-DIY. Mulai 19 Maret hingga 5 April 2024, para pamong kelurahan di seluruh DIY akan menyaksikan Diorama pada jadwal yang sudah ditentukan.

Diorama Arsip Jogja menampilkan arsip-arsip sejarah panjang Yogyakarta dari era Panembanan Senopati hingga saat ini. Bentuknya ada tekstual, foto, audiovisual, dan sejarah lisan yang ditata secara unik dan kreatif agar informatif dan menghibur.

"Ada kegiatan lain juga dalam rangka HUT DIY ini yaitu lomba Mendongeng Seru Yokca [Ayok Membaca]," kata Rahmad. Kegiatan ini dilaksanakan pada 13-30 Maret 2024 di ruang mendongeng dan terbuka untuk umum.

Di tanggal yang sama yakni pada 13 Maret juga ada pameran koleksi budaya naskah kuno dan langka tentang DIY yang berlokasi di Grhratama. "Ada pula nonton bareng film tentang DIY di ruang audiovisual. Peserta umum dan gratis," tutur Rahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement