Advertisement

Innalillahi, Guru Besar Fakultas Psikologi UGM Prof. Djamaludin Ancok Wafat

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 16 Maret 2024 - 00:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Innalillahi, Guru Besar Fakultas Psikologi UGM Prof. Djamaludin Ancok Wafat Guru Besar Fakultas Psikologi UGM, Prof. Dr. Djamaludin Ancok, Ph.D.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Guru Besar Fakultas Psikologi UGM, Prof. Dr. Djamaludin Ancok, Ph.D. dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (15/3/2024).

Putera daerah asli Bangka, di desa Mendobarat, Kabupaten Bangka ini merupakan salah satu pakar psikologi yang dimiliki Indonesia.

Advertisement

Kabar meninggalnya Prof. Djamaludin Ancok tersiar dari berita lelayu dari warga Sambilegi Kidul, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY di mana mendiang tinggal. Dari berita lelayu tersebut disebutkan, Prof. Djamaludin Ancok meninggal pada pukul 19.00 WIB.

BACA JUGA: Diduga Disengat Tawon, Pria di Pleret Meninggal Dunia

Prof. Djamaludin Ancok meninggal dunia diusia 77 tahun di Jalan Anggrek No. 137 RT 5 RW 57 Sambilegi Kidul, Maguwoharjo. Menurut rencana, jenazah akan dimakamkan pada Sabtu (16/3/2024) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Modinan, Sambilegi pada pukul 13.00 WIB.

Prof. Djamaludin Ancok meninggalkan seorang isteri Citra Mutia Indrawati, tiga orang anak masing-masing Faisal, Alfi (alm) dan Afifah serta dua orang cucu.

Berdasarkan profil dosen UGM, Prof Djamaludin Ancok tercacat sebagai Lulusan Fakultas Psikologi UGM tahun 1972. Gelar Magister (1974) diraih di UGM dan Doktor (1982) diselesaikan di Indiana University - Bloomington.

Selain menjadi guru besar di UGM, Pria kelahiran 18 Agustus 1946 itu juga tercatat mengajar di sejumlah kampus seperti di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat.

Semasa hidupnya, Prof Djamaludin Ancok menerima sejumlah penghargaan seperti Best Psychology Lecturer, Universitas Gadjah Mada (1983), Beasiswa Institut Christian Michelsen, Institut Christian Michelsen (1992) Satyalancana Karya Satya XX, Government of RI (2003) dan Satyalancana Karya Satya XXX, Pemerintah RI (2007).

Mendiang juga pernah menjadi Asisten Wakil Menteri di Kementerian Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Republik Indonesia (1989). Jabatan lainnya Prof Djamaludin Ancon menjadi Direktur Graduate Program of Psychology, Gadjah Mada University
Faculty (2002) dan sejumlah jabatan akademik lainnya.

Prof Djamaludin Ancok juga konsen membahas masalah psikologi dan aktif diberbagai seminar baik dalam forum skala nasional maupun internasional.

Beliau juga tercatat dalam pertemuan Kelompok Pakar Kependudukan, Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan, Jomtien, Thailand (1991), Forum Asosiasi Medis Internasional, Konferensi Internasional tentang Kesiapsiagaan Bencana (2006) dan Psikologi Perdamaian Internasional, Konferensi Psikologi Perdamaian Internasional (2007).

Secara organisasi, Prof Djamaludin Ancok juga tercatat sebagai pengurus Ikatan Psikolog Indonesia, Nasional (1989) dan Asosiasi Internasional untuk Psikologi Lintas Budaya, Internasional (1991).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement