Advertisement

Pemda DIY Targetkan Jalan Godean Kembali Mulus Setelah Lebaran

Yosef Leon
Senin, 18 Maret 2024 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Pemda DIY Targetkan Jalan Godean Kembali Mulus Setelah Lebaran Ilustrasi jalan rusak - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY menargetkan perbaikan ruas Jalan Godean yang rusak dan diprotes warga akan mulus kembali setelah Lebaran. Kontrak lelang pengerjaan jalan itu akan dimulai pada akhir bulan ini dengan anggaran sebesar Rp11 miliar untuk 1,5 km ruas jalan. 

Kepala Bidang Bina Marga DPUPESDM DIY, Kwaryantini Ampeyanti Putri menjelaskan untuk tahun ini ruas jalan yang diperbaiki hanya sepanjang 1,5 km lantaran keterbatasan anggaran. Adapun, titik pengerjaannya adalah di sebelah barat pasar Godean, tepatnya dimulai dari Jembatan Sambirejo 2 hingga SPBU Sidorejo. 

Advertisement

"Anggaran untuk penanganannya Rp11 miliar, target pelaksanaan fisik konstruksi setelah Lebaran, karena H-7 dan H+7 lebaran ada surat edaran untuk tidak melaksanakan kegiatan lapangan yang berpotensi mengganggu arus lalu lintas di musim mudik Lebaran," jelasnya, Senin (18/3/2024). 

BACA JUGA: Cek Langsung Kerusakan Jalan Godean, Begini Kata DPUPKP Sleman

Menurut dia, setiap tahun jalan provinsi yang rusak selalu dianggarkan untuk diperbaiki. Hanya saja ada jalan-jalan tertentu yang menjadi prioritas untuk diutamakan perbaikannya. Sementara yang lainnya akan menyusul sesuai dengan kemampuan anggaran. Sebab panjang jalan provinsi di DIY ada di angka 674.585 km. 

"Dari angka itu, yang kami data jalan yang mengalami kerusakan hanya 3,5 km saja. Kami juga sudah usulkan ke pusat melalui Inpres Jalan Daerah," katanya. 

Dijelaskan, sekarang proses perbaikan jalan itu masih dalam tahapan lelang. Akhir Maret diharapkan sudah kontrak. Menjelang masuknya masa perbaikan, DPUPESDM DIY akan melaksanakan pemeliharaan rutin di sepanjang ruas jalan yang rusak itu dengan metode long segmen.

"Tim sudah ke lokasi untuk memperbaiki lubang yang ada di jalan. Harapan kami sebelum lebaran semua lubang di ruas Jalan Godean sudah ditangani dengan optimal," pungkasnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement