Advertisement

Cek Langsung Kerusakan Jalan Godean, Begini Kata DPUPKP Sleman

Catur Dwi Janati
Rabu, 13 Maret 2024 - 21:27 WIB
Arief Junianto
Cek Langsung Kerusakan Jalan Godean, Begini Kata DPUPKP Sleman Ilustrasi perbaikan jalan. - Pixabay/Joshua Woroniecki

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman melakukan pengecekan ruas jalan di area barat Pasar Godean ke Kali Progo yang dikeluhkan banyak mengalami kerusakan.

Bila status jalan milik provinsi, DPUPKP siap meneruskan keluhan ini ke provinsi. Sementara bila milik Kabupaten DPUPKP siap menerjunkan personil untuk melakukan perbaikan. 

Advertisement

Kepala DPUPKP Sleman, Taufiq Wahyudi akan melakukan pengecekan di ruas yang dimaksud. Sejauh yang diketahui Taufiq, ruas Jln. Godean merupakan jalan yang berada di bawah wewenang Provinsi DIY. "Tetapi coba akan kami cek dulu, nanti ndak keliru," kaya Taufiq, Rabu (13/3/2024).

Bila memang di bawah wewenang pemerintah provinsi, biasanya Taufiq akan meneruskan laporan ini ke Pemda DIY. "Kalau memang [di bawah] provinsi, biasanya langsung saya teruskan ke provinsi," ujarnya  

Sementara bila memang masuk ke ranah wewenang DPUPKP Sleman, personil akan diterjunkan untuk melakukan perbaikan jalan. "Iya kalau memang [di bawah] Kabupaten langsung kita tangani. Paling kan dengan [anggaran] pemeliharaan," tegasnya. 

Sebelumnya sejumlah warga mengeluhkan kondisi Jln. Godean, terutama di ruas pasar Godean ke barat hingga Kali Progo yang mengalami kerusakan. Rencananya sejumlah spanduk akan dipasang di sekitar ruas tersebut.  

Koordinator Forum Jaga Warga Minggir dan Moyudan, Senaja menjelaskan poster yang dipasang itu intinya merupakan imbauan agar pengguna jalan lebih berhati-hati dan mengurangi kecepatan. Termasuk menjaga sopan santun saat berkendara.

"Sudah banyak saudara kami yang jatuh, terluka parah hingga meninggal dunia akibat bersenggolan, tabrakan, jatuh sendiri di jalan bergelombang ini," kata Senaja.

BACA JUGA: Protes Jalan Rusak di Bantul, Warga Tanam Pisang di Jalan

Lebih lanjut Senaja mengatakan, sudah tidak kurang-kurang menyampaikan keluhan atas kondisi jalan rusak itu, baik di forum resmi maupun secara pribadi. Bahkan melalui media sosial, keluhan kondisi jalan ini sudah sering disuarakan. 

"Namun perhatian sepertinya masih kurang. Kalau pun ada hanya perbaikan jalan, hanya dilakukan penambalan yang kadang justru mengganggu pengguna jalan karena tambalan lebih tinggi dari aspal kiri kanan," ujarnya.

Ruas Jln. Godean di Sleman Barat ini juga terbilang padat lantaran merupakan jalur wisata menuju Kulonprogo, Purworejo, maupun Magelang. "Bus-bus wisata yang besar-besar yang menuju daerah kami atau sekadar lewat cukup banyak. Belum mobil-mobil pribadi ataupun para pesepeda juga tidak sedikit."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement