Advertisement

Tol Jogja Bawen Dipastikan Belum Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran, Ini Penyebabnya

Catur Dwi Janati
Rabu, 20 Maret 2024 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Tol Jogja Bawen Dipastikan Belum Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran, Ini Penyebabnya Potret proyek Tol Jogja-Bawen di wilayah Sleman pada Senin (4/3/2024). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Meski telah mencapai 73% pengerjaan, keberadaan jalan Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Junction Sleman-Simpang Susun Banyurejo belum bisa beroperasi fungsional pada mudik Lebaran tahun ini.

Health Safety Environment Coordinator Tol Jogja-Bawen Seksi 1, Muhammad Helmy Ilhamsyah menjelaskan belum bisa digunakannya Tol Jogja-Bawen secara fungsional lantaran titik penggarapannya yang masih terputus-putus. "Kalau untuk yang Tol Jogja-Bawen belum bisa operasional karena kita masih putus-putus," ungkap Helmy pada Rabu (20/3/2024).

Advertisement

Terlebih konstruksi Tol Jogja-Bawen di Sleman ini terbagi dalam dua zona. Zona at grade atau timbunan dan zona elevated atau melayang. Sementara sejumlah ruas tol melayang berada di atas Selokan Mataram yang belum tersambung, sehingga belum bisa dilalui. "Kami ngikutin Selokan Mataram untuk trasenya," tandasnya.

Selain itu belum bebasnya semua lahan terdampak membuat progres keseluruhan Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Junction Sleman-Simpang Susun Banyurejo baru menyentuh angka 73% dan masih putus-putus. "Jadi kerana kendala lamanya di pembebasan lahan akhirnya baru sekitar 60 persen," ujarnya.

Setop Kendaraan Berat

Belum beroperasinya Tol Jogja-Bawen dalam mudik kali ini, membuat pengembang tol akan berfokus pada peningkatan aspek keselamatan di titik proyek yang bersinggungan dengan persimpangan jalan. Termasuk menghentikan mobilisasi alat berat selama lebaran nanti.

Kendaraan berat ini biasanya membawa material timbunan yang kebanyakan berasal dari luar Jogja, ada juga yang berupa kendaraan beton yang mengangkut material pengecoran. "Betul, jadi fokusnya kita istilahnya support apa yang diinginkan Kepala Dinas Perhubungan tadi, bahwa untuk lalu lintas kendaraan berat kita hentikan demi kelancaran dan keselamatan lalu lintas lebaran," tegasnya.

Penambahan rambu-rambu akan dipasang di berbagai titik lokasi proyek yang bersinggungan dengan persimpangan jalan. Beberapa rambu yang bakal dipasang untuk meningkatkan keselamatan para pengendara di antaranya berupa lampu flip flop hingga pagar. "Untuk perambuan dan lain sebagainya, mungkin yang bersinggungan dengan jalan-jalan Kabupaten maupun jalan provinsi itu kita siapkan rambu rambunya. Jadi seperti lampu flip flop kemudian penerangan dan pagar, mungkin itu dari kami," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Butuh 14 Tahun Bersihkan Puing di Gaza Imbas Agresi Israel

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement