Advertisement

Warga Kulonprogo Diminta Genjar Berantas Sarang Nyamuk Cegah DBD

Newswire
Kamis, 21 Maret 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Warga Kulonprogo Diminta Genjar Berantas Sarang Nyamuk Cegah DBD Nyamuk / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULOPROGO—Warga Kulonprogo diminta melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal untuk mencegah persebaran demam berdarah dengue.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo Sri Budi Utami, di Kulonprogo, Kamis, mengatakan bahwa hal itu perlu dilakukan karena pada Februari 2024 kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kulonprogo tercatat sebanyak 85 kasus.

Advertisement

"Kami meminta warga agar melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M Plus, yakni menguras, menutup, dan mengubur plus melalui gerakan satu rumah satu jumantik secara berkesinambungan," kata Sri Budi, Kamis (21/3/2024).

BACA JUGA: Ini Daftar Puluhan Selebritas Indonesia yang Lolos Jadi Anggota DPR

Ia mengatakan Dinkes Kulonprogo juga mengintensifkan sosialisasi kewaspadaan DBD. "Kami juga melakukan gerakan satu rumah satu jumantik tidak hanya pada rumah tangga tetapi juga menyasar tempat-tempat umum, perkantoran, tempat ibadah, dan sekolah," katanya.

Selain itu, lanjut Sri Budi, Dinkes Kulonprogo juga melaksanakan penyelidikan epidemiologi (PE) dalam waktu 1x24 jam apabila ditemukan kasus, monitor dan mengkaji perkembangan kasus secara intensif, melaksanakan koordinasi lintas sektor terkait, pengasapan di wilayah-wilayah yang sudah ditentukan. "Kami juga melakukan penanganan penderita DBD," katanya.

Sri Budi mengatakan Dinkes Kulonprogo juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 443/0434 tertanggal 20 Februari 2024 tentang Antisipasi Peningkatan Kasus Dengue di Awal Musim Hujan Tahun 2024. Surat sudah dikirimkan kepada 21 Kepala UPT puskesmas dan 12 panewu (camat). "Kepala puskesmas dan panewu diharapkan bisa mengantisipasi adanya kasus dengue di wilayahnya," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement