Advertisement

Pengoperasian TPST Minggir Molor dari Target Gara-Gara Masalah Ini

David Kurniawan
Senin, 25 Maret 2024 - 15:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pengoperasian TPST Minggir Molor dari Target Gara-Gara Masalah Ini

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Lingkungan Hidup Sleman memastikan pengoperasian TPST Minggir di Kalurahan Sendangsari, Minggir belum sesuai target. Pasalnya, pengoperasian terkendala jalan menuju lokasi yang masih dalam proses pembangunan.

Lurah Sendangsari, Afan Nur Hisan mengatakan hingga sekarang TPST Minggir belum dioperasikan. Ia tidak menampik untuk bangunan dan fasilitas pendukungnya sudah ada, tapi masih terkendala akses menuju lokasi. “Jalannya belum ada. Informasinya sekarang sedang proses pembangunan menuju TPST,” kata Afan saat dihubungi, Senin (25/3/2024).

Advertisement

Menurut dia, untuk pembangunan TPST di wilayahnya tidak ada masalah karena fasilitas tersebut dinilai bisa menjadi salah satu upaya memberdayakan warga. Hal ini sudah ada kesepakatan dengan pengelola agar warga sekitar dilibatkan. “Jadi tidak ada masalah dan malah bisa menjadi program pemberdayaan warga,” katanya.

Baca Juga

Hore! TPST Minggir Mulai Beroperasi pada Maret 2024

TPST Minggir Ditargetkan Beroperasi Maret, Begini Harapan Warga Sekitar

TPST Minggir Segera Beroprasi, Pemkab Sleman Janji Libatkan Warga

Meski demikian, Afan meminta pada saat TPST benar-benar dioperasikan, janji untuk menekan timbulnya bau bisa ditepati. “Dulu informasinya akan beroperasi Maret, tapi sekarang operasinya di April. Ya mudah-mudahan pengelolaan tersebut tidak menimbulkan bau yang bisa menganggu warga sekitar,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Epiphana Kristiyani saat dikonfirmasi tidak menampik pengoperasian TPST Minggir molor dari target awal. Rencananya, fasilitas pengolahan sampah di sisi barat mulai beroperasi pada Maret ini, tapi melihat perkembangan belum bisa dilakukan. “Mudah-mudahan April sudah bisa diujicoba untuk pengoperasian,” katanya.

Epi menuturkan molornya pengoperasian bukan masalah fasilitas. Pasalnya, baik bangungan maupun tiga modul mesin pengolahan sampah sudah terpasang semua. “Masalahnya tinggal instalasi listrik yang belum terpasang dengan baik dan sekarang masih proses,” katanya.

Di sisi lain, akses ke TPST juga menjadi kendala. Sesuai dengan perencanaan akan membuat jalan baru dan untuk sekarang masih dalam proses pengerajaan. “Baru dikerjakan dan akan segera dicor. Untuk Panjang jalan ke TPST sekitar satu kilometer,” katanya.

Ephi memastikan apabila pembangunan jalan serta pemasangan instalasi listrik sudah selesai, maka pengoperasian TPST Minggir bisa segera dilakukan. “Tinggal dua ini karena seluruh fasilitas di TPST sudah siap. Kalau jalan dan listrik sudah selesai, maka bisa segera diujicoba pengoperasian,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement