Advertisement

TPST Minggir Segera Beroprasi, Pemkab Sleman Janji Libatkan Warga

David Kurniawan
Senin, 05 Februari 2024 - 18:07 WIB
Arief Junianto
TPST Minggir Segera Beroprasi, Pemkab Sleman Janji Libatkan Warga Sampah / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman optimistis TPST Minggir di Kalurahan Sendangsari bisa dioperasikan di awal Maret 2024. Selain itu, untuk pengoperasian juga akan melibatkan warga sekitar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Epiphana Kristyani mengatakan proses penyelesaian TPST Minggir terus dikebut agar bisa dioperasikan di awal Maret.

Advertisement

Setelah pemasangan mesin sebanyak dua modul, pada saat sekarang dilanjutkan dengan pemasangan instalasi jaringan listrik. “Masih proses persiapan dan kami yakin mulai awal Maret sudah bisa beroperasi,” kata Epiphana, Senin (5/2/2024).

Menurut dia, kesiapan tidak hanya dari sisi infrastruktur. Pasalnya, untuk pengoperasikan juga membutuhkan tenaga kerja sekurangnya 60 orang.

Hal ini mengacu dengan pengoperasian TPST Tamanmartani di Kapanewon Kalasan. Epiphana mengakui untuk sumber daya manusia (SDM) tidak ada masalah lantara akan ada kerja sama dengan pemerintah kalurahan setempat. “Sudah mulai dipersiapkan orang-orang yang akan bekerja di TPST Minggir. Yang jelas, prosesnya akan melibatkan warga lokal,” katanya.

Ia berharap dengan bertambahnya tempat pengolahan di Sleman, maka persoalan di Sleman bisa semakin diatasi. “Rencannaya setelah TPST Minggir akan dilanjutkan pembangunan di TPST Donokerto di Kapanewon Turi di tahun ini,” katanya.

Sebelumnya, Lurah Sendangsari, Afan Nur Hisan mengatakan, TPST Minggir yang dibangun di wilayahnya masih dalam proses penyelesaian. Secara prinsip tidak ada masalah dengan fasilitas ini, namun ada beberapa harapan agar saat beroperasi tidak sampai menimbulkan masalah bagi warga.

“Jangan sampai ada bau, lalat atau polusi lainnya yang bisa merugikan Masyarakat. Jika hal tersebut terjadi, warga berhak menutup TPST,” kata Afan.

BACA JUGA: TPST Minggir Ditargetkan Beroperasi Maret, Begini Harapan Warga Sekitar

Selain permintaan untuk mengurangi risiko polusi, warga juga berharap bisa ikut dilibatkan pada saat TPST beroperasi. “Jadi warga sekitar bisa mengisi untuk tenaga kerja. Kami juga memiliki Spamdes yang siap memasok kebutuhan air dalam proses pengoperasian,” katanya.

Afan menambahkan, ada permintaan warga agar akses keluar TPST dapat dipisah sehingga ada pembangunan jalan baru untuk operasional. Adapun rutenya dari Selatan ke utaran, sedangkan akses lainnya dikhususkan beraktivitas masyarakat. “Harus ada jalan baru sehingga tidak menggangu aktivitas warga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement