Advertisement

TPST Minggir Ditargetkan Beroperasi Maret, Begini Harapan Warga Sekitar

David Kurniawan
Kamis, 11 Januari 2024 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
TPST Minggir Ditargetkan Beroperasi Maret, Begini Harapan Warga Sekitar Sampah / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Minggir di Kalurahan Sendangsari, Minggir ditargetkan mulai beroperasi Maret 2024. Warga di sekitaran lokasi berharap keberadaan pengolahan sampah ini tidak menimbulkan polusi yang bisa merugikan Masyarakat.

Lurah Sendangsari, Afan Nur Hisan mengatakan TPST Minggir yang dibangun di wilayahnya masih dalam proses penyelesaian. Secara prinsip tidak ada masalah dengan fasilitas ini, namun ada beberapa harapan agar saat beroperasi tidak sampai menimbulkan masalah bagi warga.

Advertisement

“Jangan sampai ada bau, lalat atau polusi lainnya yang bisa merugikan Masyarakat. Jika hal tersebut terjadi, warga berhak menutup TPST,” kata Afan kepada wartawan, Kamis (11/1/2024).

Baca Juga

Hore! TPST Minggir Mulai Beroperasi pada Maret 2024

Kuota Pembuangan di TPA Piyungan Terus Berkurang, Pemkab Sleman Genjot TPST di Area Ini

Apa Kabar Progres Pembangunan TPST Minggir, Begini Penjelasan Bupati Sleman

Selain permintaan untuk mengurangi risiko polusi, warga juga berharap bisa ikut dilibatkan pada saat TPST beroperasi. “Jadi warga sekitar bisa mengisi untuk tenaga kerja. Kami juga memiliki Spamdes yang siap memasok kebutuhan air dalam proses pengoperasian,” katanya.

Afan menambahkan ada permintaan warga agar akses keluar TPST dapat dipisah sehingga ada pembangunan jalan baru untuk operasional. Adapun rutenya dari Selatan ke utaran, sedangkan akses lainnya dikhususkan beraktivitas masyarakat. “Harus ada jalan baru sehingga tidak menggangu aktivitas warga,” katanya.

Pembangunan TPST Minggir memanfaatkan tanah kas desa di Padukuhan Denokan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Epiphana Kristyanti mengatakan pembangunan TPST Minggir masih berlangsung dan ditarget beroperasi Maret 2024. Ia tidak menampik, untuk fisik bangunan sudah selesai, tapi masih ada beberapa penyempurnaan infrastruktur.

Ia mencontohkan seting alat sangat dibutuhkan guna mengetahui kemampuan pengolahan sampah agar dapat berfungsi dengan optimal. “Tentunya harus diujicoba juga karena target kami, Maret sudah beroperasi,” katanya.

Selain itu, juga ada pembangunan akses jalan menuju hangar pengolahan sejauh satu kilometer. Pembangunan sudah merupakan kesepakatan dengan pihak kalurahan agar ada jalur tersendiri bagi armada pengangkut sampah. “Pembangunan jalan ini juga menghindari risiko kerusakan jalan lingkungan di masyarakat. Untuk progresnya, sudah dibuatkan talut di sekitaran jalan ke TPST,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Korban Banjir Konawe Utara Pilih Mengungsi Mandiri

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement