Advertisement

Berbekal Keindahan Alam, Pariwisata Jadi Pilar Pembangunan dan Investasi Gunungkidul

Media Digital
Senin, 25 Maret 2024 - 17:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Berbekal Keindahan Alam, Pariwisata Jadi Pilar Pembangunan dan Investasi Gunungkidul Salah satu pantai di Gunungkidul. Istimewa

Advertisement

GUNUNGKIDUL—Investasi di sektor pariwisata menjadi salah satu pilar pembangunan utama di Gunungkidul, DIY.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan beragam potensi alam yang menarik, kawasan ini semakin menjadi destinasi unggulan bagi wisatawan dan investor yang ingin merasakan pesona alam yang memesona.

Advertisement

Menurut Asar Janjang Riyanti, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gunungkidul, sektor pariwisata telah menjadi magnet bagi para investor untuk menanamkan modalnya di daerah tersebut, sejalan dengan sektor industri dan perdagangan.

"Pariwisata di Gunungkidul terus berkembang, didukung oleh investasi yang masuk ke sektor ini, seperti perhotelan, vila, restoran, dan lainnya," ungkap Asar pada Sabtu (23/3/2024).

Dalam konteks pantai selatan Gunungkidul, Asar menjelaskan berbagai destinasi wisata baru telah bermunculan, seperti Jungwok Blue Ocean di Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo; HeHa Ocean View di Pulang, Girikarto, Panggang; serta Obelix Sea View di Kapanewon Purwosari, dan lain sebagainya.

"Ini menunjukkan geliat investasi di sektor pariwisata, khususnya di pantai selatan Gunungkidul," tambahnya.

Asar menyoroti daya tarik investasi di Gunungkidul, yang didorong oleh kekayaan sumber daya alam (SDA) yang unik dan menawan. Kemudahan dalam perizinan, terutama melalui Online Single Submission (OSS) dari DPMPTSP, juga menjadi faktor penting dalam menarik minat investor.

"Pemkab Gunungkidul membuka peluang investasi dan siap memfasilitasi serta memberikan kemudahan dalam perizinan sesuai ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Lebih lanjut, Asar menyebutkan bahwa Gunungkidul menawarkan beragam jenis wisata, mulai dari pantai, bukit, wisata minat khusus, religi, hingga budaya. Menurutnya, keragaman jenis wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, sekaligus meningkatkan minat investor untuk menyediakan akomodasi dan fasilitas lainnya.

"Dengan promosi yang tepat dan layanan yang memudahkan, kami berupaya untuk mendukung para investor dalam mencari data dan mengakses program-program yang tersedia,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement