Advertisement

BEDAH BUKU: Inspirasi Perempuan Penting untuk Pembangunan

Media Digital
Selasa, 26 Maret 2024 - 05:17 WIB
Sunartono
BEDAH BUKU: Inspirasi Perempuan Penting untuk Pembangunan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama dengan DPRD DIY menggelar bedah buku bertajuk Inspirasi Pemberdayaan Perempuan karya Rochma Yulika, di Joglo Guyangan, Wonolelo, Kapanewon Pleret pada Senin (25/3/2024). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani.

Advertisement

BANTUL—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama dengan DPRD DIY menggelar bedah buku bertajuk Inspirasi Pemberdayaan Perempuan karya Rochma Yulika, di Joglo Guyangan, Wonolelo, Kapanewon Pleret pada Senin (25/3/2024).

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sistem Kearsipan DPAD DIY, Wardoyo menyampaikan bedah buku kali ini diselenggarakan untuk mendorong para perempuan agar mampu menggali potensi dirinya sehingga dapat menginspirasi lingkungan sekitarnya.

Advertisement

"Inspirasi pemberdayaan perempuan tentu tidak hanya dimaknai perempuan sebagai kanca wingking. Di era saat ini banyak perempuan yang bisa menjadi motivator dan inspirator yang dapat menjadi penggerak perekonomian," katanya, Senin.

Menurutnya DPAD DIY terus berupaya menghilangkan stigma perempuan sebagai kanca wingking, dan menjadikan perempuan sebagai penggerak perekonomian sesuai potensi wilayahnya. Menurutnya, perempuan berperan dalam berbagai lini masyarakat mulai dari tingkat RT, RW dan lingkungan setempat.

"Kami berharap para perempuan dapat berkembang sesuai dengan kemampuannya masing-masing di setiap komunitasnya," kata dia.

Anggota DPRD DIY, Amir Syarifudin menyampaikan bedah buku tersebut diselenggarakan untuk menginspirasi para ibu di Wonolelo.

"Dalam bedah buku kali ini, inspirasi seorang perempuan harus kita munculkan. Ibu sebagai seorang yang tangguh ternyata mereka punya kegiatan ekonomi, ada buat roti, ada kelompok belajar, pengajian, mereka punya kelompok. Dengan hadirnya bedah buku ini mereka semakin percaya bahwa pilar ketahanan keluarga melalui ibu," kata politikus PKS tersebut.

Menurutnya, seorang ibu merupakan pondasi keluarga, sehingga dia mendorong para ibu agar dapat menginspirasi masyarakat sekitarnya.

"Kita inspirasi agar mereka dapat menjadi ibu yang tangguh dalam situasi apapun di keluarganya dan dapat menginspirasi untuk membangun peradaban," katanya.

Lurah Wonolelo, Ahmad Furqon berharap melalui bedah buku kali ini perempuan Wonolelo dapat meningkatkan potensinya sehingga dapat menginspirasi masyakat sekitar. "Kami berharap masyakat di sini dapat menjadi perempuan berdaya di berbagai tingkat, mulai dari tingkat kalurahan," katanya.

Bedah buku tersebut diikuti oleh sekitar 160 warga Wonolelo yang terdiri dari berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Tanggal Merah Mei 2024, Ada 2 Kali Libur Panjang

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement