Advertisement

500 Bus Diuji Kelayakannya oleh Dishub DIY sejak Bulan Lalu, Begini Hasilnya

Yosef Leon
Selasa, 02 April 2024 - 18:07 WIB
Arief Junianto
500 Bus Diuji Kelayakannya oleh Dishub DIY sejak Bulan Lalu, Begini Hasilnya Dishub DIY saat melakukan ramp check terhadap bus angkutan mudik lebaran di terminal dan garasi PO jelang mudik lebaran belum lama ini. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan bus angkutan mudik Lebaran tak lolos ramp check yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) DIY. Bus yang tak lolos itu tidak diberikan stiker penanda dan tak dianjurkan untuk mengangkut pemudik. 

Plh Kepala Dishub DIY, Sumariyoto mengatakan pihaknya telah menggelar ramp check sejak bulan lalu. Pengecekan dikerjakan secara maraton di lima kabupaten dan kota se-DIY dengan jumlah kendaraan yang dicek mencapai ratusan. 

Advertisement

"Ramp check sudah kami gelar. Ada 500 kendaraan yang dicek dan 30-an yang enggak lolos dan tidak dipasang stiker. Yang lain sudah aman sebagai tanda kepada penumpang bahwa bus sudah dicek dan laik jalan," kata Oyot, sapaanya, Selasa (2/4/2024). 

Menurutnya, bus yang tak lolos ramp check itu mengalami sejumlah masalah saat dicek oleh petugas, sehingga dipastikan kurang aman jika dipakai sebagai kendaraan mudik lebaran. Tak mau kompromi pihaknya memutuskan untuk tidak meloloskannya. "Ke-30 bus itu karena enggak diurus uji dan izinnya, padahal urus uji itu gratis, ya sudah merasa sendiri," ujarnya. 

Kepala Seksi Pengendalian Operasional Angkutan Jalan Dishub DIY Raden Sigit Wahyu Wibowo menyampaikan, pengecekan meliputi unsur administrasi, unsur teknis utama, dan unsur teknis penunjang.

BACA JUGA: Ban Bus Tipis, Ramp Check Dishub Kulonprogo Himbau Persiapan Angkutan Mudik

Setelah kendaraan berhasil melewati ramp check, akan diberikan tanda khusus berupa stiker yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

“Yang di cek kondisi fisik bus, lampu utama, lampu sen, dan lampu rem belakang stop harus menyala, wipper, rem, ban, speedometer, setirnya, lalu kelengkapan administratif seperti lampiran hasil uji KIR, SIM milik pengemudi, STNK, Buku Uji, dan Ijin Trayek sudah lengkap gak semuanya. Kalau lengkap kita kasih sticker penanda bus layak jalan oleh pemerintah,” terangnya. 

Ramp check dilakukan menggunakan dua metode yaitu jemput bola di mana petugas mendatangi garasi-garasi dari Perusahaan Otobus (PO) di Kabupaten Kota Jogja, Bantul, dan Sleman secara langsung dan pemeriksaan di terminal.

Hasil dari ramp check di sembilan garasi PO yakni PO. Gresika, PO. Tata Transport, PO. Acropolis, PO. Semut Ireng, PO. Idaman Transport, PO. Wayang, PO. TIVIDI, PO. Alfa Trans Abadi, dan PO. White Horse. Sudah 58 bus dilakukan pemeriksaan. Dari jumlah tersebut sebanyak 30 kendaraan lulus dan 28 kendaraan tidak lulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tim SAR Temukan Korban Tenggelam Sungai Ciliwung

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement