Advertisement

Ratusan Ribu Wisatawan Serbu Objek Wisata di Sleman, Terbanyak di Candi dan Kaliurang

David Kurniawan
Senin, 15 April 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Ratusan Ribu Wisatawan Serbu Objek Wisata di Sleman, Terbanyak di Candi dan Kaliurang Taman wisata Kaliurang. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman mencatat sudah ada 234.319 pengunjung yang memadati kawasan wisata selama libur Lebaran. Kunjungan paling banyak ada di destinasi wisata lereng Merapi dan taman wisata candi.

Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata Sleman, Kus Endarto mengatakan selama libur Lebaran ada lonjakan kunjungan di destinasi wisata di Bumi Sembada. Tercatat hingga Minggu (14/4/2024) sudah ada pengunjung sebanyak 234.319 orang.

Advertisement

Menurut dia, jumlah kunjungan ini masih bisa bertambah dikarenakan data pengunjung apda Senin (15/4/2024) masih berlangsung. “Tentu masih ada tambahan karena kunjungan masih berlangsung,” kata Kus Endarto kepada wartawan, Senin sore.

Menurut dia, kunjungan tertinggi masih didominasi di destinasi yang berada di sisi timur Sleman. Sebagai contoh, Kawasan wisata Candi Prambanan dan Ratu Boko menyumbang kunungan sebanyak 26,99%.

Adapun dari Kawasan lereng Merapi mampu menyumbang kunjungan sebesar 35,06%. Sedangkan wisata Tebing Breksi menyumbang sebesar 4,61% dan sisanya berasal dari destiniasi lain di Kabupaten Sleman.

“Untuk pengujung di lereng Merapi, yang mendatangi Kawasan Kaliurang mencapai 10,35% dan yang berwisata melalui volcano tour menyumbang kunjungan sebesar 24,71%,” katanya.

BACA JUGA: Libur Lebaran, Dispar Sleman Gelar Seni Budaya di Kaliurang

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid mengatakan sudah mematok target kunjungan wisata selama libur Lebaran. Diperkirakan ada 300.000-450.000 pengunjung akan memadatai Kawasan wisata yang dikelola pemkab maupun oleh Taman Wisata Candi (TWC).

Menurut dia, untuk mencapai target tersebut juga sudah ada menyiapkan beberapa atraksi wisata, salah satunya di Kawasan Kaliurang. “Atraksi seni ini akan berlangsung pada 13-15 April di Kawasan wisata Tlogo Putri,” katanya, Kamis (5/4/2024).

Ishadi menjelaskan, untuk kunjungan masih didominasi oleh wisatawan dalam negeri. Adapun kunjungan ke destinasi juga belum bisa lepas dari objek unggulan seperti Kawasan wisata Candi, Lereng Merapi dan Tebing Breksi. “Untuk destinasi lain juga ada peningkatan, tapi diprediksi tidak sebanyak kunjungan di destinasi di Kawasan Sleman sisi timur,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement