Advertisement

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Lugas Subarkah
Sabtu, 20 April 2024 - 16:47 WIB
Sunartono
Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana Anggota Tagana berlomba mendirikan tenda darurat, dalam HUT Tagana, di halaman Balaikota Jogja, Sabtu (20/4/2024) - ist Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 50 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) se-DIY berlomba-lomba memasang tenda darurat kebencanaan di Lapangan Balaikota Jogja, Sabtu (20/4/2024). Lomba memasang tenda ini merupakan rangakaian HUT ke 20 Tagana.

Pemasangan tenda tersebut terdiri dari lima tim, dan setiap timnya memiliki 10 anggota. Para peserta diwajibkan dapat menyelesaikan pemasangan tenda dengan rentang waktu maksimal 10 menit. Para anggota Tagana terlihat dengan kompak memasang tenda-tenda tersebut.

Advertisement

BACA JUGA : Lansia di Jogja Hilang di Sungai Code

Pembina Kehormatan Tagana DIY, KPH Notonegoro menjelaskan kerjasama antar sumber daya manusia sangatlah penting dalam menyikapi sebuah bencana. Selain itu, faktor teknis dan non teknis yang tidak segera diselesaikan bisa menjadi penghambat dalam penanggulangan bencana.

“Seperti halnya keterbatasan anggaran, armada yang sudah usang, dan pengembangan kapasitas yang minim. Inilah catatan awal tahun yang harus kita pahami, termasuk salah satu relawan sosial yang dibina oleh Dinas Sosial DIY, yaitu Tagana,” kata dia.

Ia berharap, dengan usia Tagana ke-20, Tagana dapat menghadapi setiap dinamika dan tantangan dengan lebih profesional dan akuntabel. Selain itu, etos dan spirit relawan berbasis kearifan lokal harus diaktualisasikan dan diselaraskan d engan perubahan global.

“Anggota Tagana selama ini sudah bekerja tanpa pamrih, terimakasih dan apresiasi kepada anggota tagana kiprahnya dalam penanggulangan bencana. Semoga HUT Ke-20 Tagana menjadi ajang konsolidasi, tukar informasi, merefleksi diri dan membangun yang lebih baik,” katanya.

Penjabat Walikota Jogja, Singgih Raharjo, mengatakan  anggota Tagana harus memiliki kesiapsiagaan yang sangat penting dilakukan saat terjadinya bencana. Sehingga apa yang dilakukan Tagana selama ini sangat bermanfaat dalam membekali masyarakat dengan pengetahuan tentang kebencanaan.

“DIY merupakan daerah rawan bencana. Semoga dengan kegiatan yang telah dilalui dapat senantiasa anggota Tagana selalu bersiaga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana, serta selalu sigap dalam penanggulangan bencana, seperti yang telah dilaksanakan efektif selama ini,” katanya.

BACA JUGA : Banjir Demak Belum Surut, Jumlah Pengungsi Ribuan Orang

Ia berharap, dengan bertambahnya usia, Tagana se-DIY dapat memberikan kontribusi yang positif, bersinergi dalam hal penanggulangan bencana, berkomitmen melayani masyarakat, serta meningkatkan wawasan, keterampilan, dan responsivitasnya bagi segenap sukarelawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement