Advertisement

Mahasiswa dari 30 Negara Berpartisipasi dalam Festival Budaya dan Kuliner ICCF 2024

Sunartono
Sabtu, 27 April 2024 - 01:27 WIB
Sunartono
Mahasiswa dari 30 Negara Berpartisipasi dalam Festival Budaya dan Kuliner ICCF 2024 Mahasiswa dari 30 negara ikut berpartisipasi dalam festival budaya dan kuliner International Cultural and Culinary Festival (ICCF) 2024 di Sportorium UMY, Kamis (25/4/2024). Perhelatan ini menampilkan berbagai budaya dari negara peserta, terutama dari segi kesenian dan kuliner. ICCF 2024 merupakan wadah bagi para pengunjung untuk mempelajari keunikan budaya dari berbagai penjuru dunia. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mahasiswa dari 30 negara ikut berpartisipasi dalam festival budaya dan kuliner International Cultural and Culinary Festival (ICCF) 2024 di Sportorium UMY, Kamis (25/4/2024). Perhelatan ini menampilkan berbagai budaya dari negara peserta, terutama dari segi kesenian dan kuliner. ICCF 2024 merupakan wadah bagi para pengunjung untuk mempelajari keunikan budaya dari berbagai penjuru dunia.

Rektor UMY, Profesor Gunawan Budiyanto mengatakan pengunjung ICCF 2024 khususnya dari kalangan mahasiswa dapat meningkatkan interaksi dan keakraban antara mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa internasional. Ia berharap dengan mengumpulkan seluruh mahasiswa dalam satu agenda, atmosfer internasional di kampusnya semakin berkembang.

Advertisement

BACA JUGA : Ada Festival Kuliner di Pakuwon Mall Jogja Selama 17-26 November 2023

Selain itudiharapkan dapat memperluas wawasan mahasiswa terkait keunikan dari setiap negara, termasuk dari Indonesia sendiri. Hal ini akan berdampak terhadap meningkatnya rasa saling pengertian atas keberagaman antar bangsa dan negara di dunia.

"Tahun ini pun menjadi agenda yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena akan ada kompetisi pidato berbahasa Indonesia yang diikuti oleh mahasiswa internasional dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia,” ujar Gunawan dalam rilisnya.

Gunawan juga mengungkapkan animo pengunjung dan peserta yang mengikuti ICCF 2024 sangat tinggi. Agenda ini dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mencari informasi terkait studi lanjut di jenjang yang lebih tinggi seperti pascasarjana. UMY telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dan industri mancanegara seperti Taiwan, Jerman dan Jepang yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang ingin berkuliah di tingkat magister maupun doktor.

Selain menjajakan kuliner khas, para peserta mahasiswa dari berbagai negara pun unjuk kebolehan dengan menampilkan kesenian tradisional mereka di atas panggung. Beberapa negara yang tampil adalah Afghanistan dan Yaman dengan tarian tradisional mereka, dan Bangladesh yang membawakan lagu khas yang menceritakan negara dan kekayaan alamnya.

Salah satunya adalah Jody yang merupakan mahasiswa mengaku sangat bersemangat mempersiapkan makanan khas negaranya dan bertemu dengan mahasiswa internasional lainnya. “Saya merasa bahwa agenda ini sangat menyenangkan, dengan banyaknya peserta dari berbagai negara yang berkumpul bersama di satu tempat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut di Ciater Subang Libatkan 5 Kendaraan, Begini Kronologi Menurut Polisi

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement