Advertisement

Bawaslu Gunungkidul Bukan Pendaftaran Panwascam, Honor Rp2,2 Juta

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 04 Mei 2024 - 23:47 WIB
Ujang Hasanudin
Bawaslu Gunungkidul Bukan Pendaftaran Panwascam, Honor Rp2,2 Juta Ilustrasi Pilkada /Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Gunungkidul membuka pendaftaran panitia pengawas kecamatan (panwascam) mulai Minggu (5/5/2024). Total kebutuhan panwascam mencapai 54 orang. Honor untuk ketua panwascam mencapai Rp2,2 juta, sedangkan anggota mencapai Rp1,9 juta.

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Andang Nugroho mengatakan perekrutan panwascam dilakukan Selasa (7/5/2024). Hanya saja, Bawaslu membatasi kuota panwascam hanya untuk tujuh orang. Pasalnya, 47 panwascam Pemilu 2024 lalu masih direkrut untuk Pilkada 2024.

Advertisement

“Kami nanti akan membuat SK [surat keputusan] untuk mereka. Kalau ada panwascam di suatu kecamatan yang tidak lolos evaluasi, maka di kecamatan tersebut kami buka pendaftaran panwascam baru,” kata Andang ditemui di Kantornya, Jumat (3/5).

Panwascam yang tidak lolos evaluasi tersebut tidak dapat mendaftar kembali sebagai panwascam Pilkada 2024. Namun, yang bersangkutan dapat mendaftar kembali sebagai panwascam di Pemilu dan Pilkada berikutnya.

Proses evaluasi peserta existing telah dilakukan pada 23 – 30 April 2024. Dalam proses tersebut, peserta existing telah mengirim dokumen tertentu seperti portofolio. Komisioner Bawaslu juga memberikan penilaian kepada peserta tersebut.

BACA JUGA: Pendatang Baru, Direktur Program Trans 7 Tak Ragu Maju Pilkada Gunungkidul 2024

Penetapan dan pengumuman panwascam existing telah dilakukan pada 1 – 2 Mei 2024. Dalam surat pengumuman peserta existing yang memenuhi syarat sebagai calon anggota panwaslu kecamatan (panwascam) untuk pemilihan 2024 nomor 004/POKJA.01/Y0-02/05/2024, peserta yang lolos ada 47 orang.

Atas penetapan tersebut, masyarakat dapat memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon panwascam tersebut dengan ditujukan kepada kelompok kerja (pokja) pembentukan panwascam di sekretariat Bawaslu Gunungkidul selambat-lambatnya 17 Mei 2024.

“Indikator penilaian kan banyak. Intinya kinerja juga memengaruhi keputusan penetapan,” katanya.

Andang menambahkan, tujuh orang dari Karangmojo, Panggang, Nglipar, Gedangsari, dan Tanjungsari yang tidak lolos penilaian tersebut juga telah memutuskan tidak mendaftar lagi akibat kendala pekerjaan lain.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pelatihan dan Diklat Bawaslu Gunungkidul, Retnoningsih mengatakan pendaftaran panwascam Pilkada dilakukan secara on the spot atau langsung ke sekretariat Bawaslu Gunungkidul. “Tidak ada pendaftaran online,” kata Retnoningsih. Persyaratan pendaftaran panwascam telah diunggah di situs gunungkidul.bawaslu.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag: 41.189 Calon Haji Asal Indonesia Berada di Madinah

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement