Advertisement

Siapkan Lamaran! Pemkab Sleman Buka 736 Formasi CPNS dan PPPK

David Kurniawan
Minggu, 05 Mei 2024 - 16:17 WIB
Ujang Hasanudin
Siapkan Lamaran! Pemkab Sleman Buka 736 Formasi CPNS dan PPPK Ilustrasi Aparatur Sipil Negara / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman memastikan tahun ini di lingkup pemkab ada rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 736 formasi. Meski demikian, untuk pelaksaaan pendaftaran maupun seleksi masih menunggu pentujuk teknis (Juknis) dari Pemerintah Pusat.

Kepala BKPP Sleman, Budi Pramono mengatakan, sudah ada informasi berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen ASN yang dimulai pada Juni mendatang. Hanya saja, ia mengakui hingga sekarang belum ada pengumuman atau juknis dari Pusat berkaitan dengan jawdal pelaksanaan dari rekrutmen.

Advertisement

“Memang ada ancar-ancar tahapan rekrutmen dilaksanakan Juni mendatang, tapi hingga sekarang belum ada jadwalnya dari Pemerintah Pusat. Posisi sekarang masih menunggu kepastian pelaksanaan,” kata Pramono saat dihubungi, Minggu (5/5/2024).

Menurut dia, kepastian hingga sekarang baru sebatas kuota formasi yang diberikan dalam perekrutan. Adapun pelaksanaan, ia berjanji pada saat sudah ada informasi terkait dengan juknis dan tahapan seleksi, maka akan mengumumkan secara terbuka.

“Tunggu saja karena tahapan seleksi akan kita umumkan,” ungkapnya.

Untuk kuota, ia mengaku di tahun ini mendapatkan jatah sebanyak 736 formasi. Rinciannya, sebanyak 147 formasi merupakan kuota perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Adapun sisanya sebanyak 589 formasi untuk rekrtumen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

BACA JUGA: Direstui Gubernur DIY, Masa Jabatan Kadiskominfo sebagai PJ Sekda Sleman Resmi Diperpanjang

“Kalau beberapa tahun terakhir, rekrutmen hanya untuk P3K. Tapi, untuk 2024 ada lagi formasi perekrutan CPNS,” katanya.

Pramono menambahkan, meski ada tambahan pegawai di setiap tahunnya, tapi secara keseluruhan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkup Pemkab Sleman masih jauh dari ideal. Pasalnya, setiap tahun ada pegawai yang pensiun di kisaran 500-600 orang.

“Jadi setiap tahun kami berusaha melakukan penambahan. Minimal disesuaikan dengan pegawai yang pensiun tambahannya,” katanya.

Analis Sumber Daya Manusia dan Aparatur, BKPP Sleman, Suryana mengatakan, rekrutmen beberapa tahun terakhir didominasi oleh tenaga P3K. Sebagai contoh, di 2023 ada penerimaan P3K 849 formasi. Jumlah ini terdiri dari guru sebanyak 488 orang, tenaga Kesehatan 255 orang dan tenaga teknis sebanyak 106 orang.

“Untuk rekrutmen P3K di 2023 sudah dilantik,” katanya.

Menurut dia, upaya penambahan pegawai akan terus dilakukan. Terlebih lagi, setiap tahunnya juga ada pegawai pemkab yang masuk masa pensiun. “Kami terus mengajukan tambahan tiap tahunnya, tapi untuk kuota penerimaan sangat bergantung dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement