Advertisement

TPA Piyungan Ditutup, DLH Sleman Temukan Belasan Titik Jadi Lokasi Pembuangan Sampah Liar

David Kurniawan
Kamis, 09 Mei 2024 - 08:17 WIB
Ujang Hasanudin
TPA Piyungan Ditutup, DLH Sleman Temukan Belasan Titik Jadi Lokasi Pembuangan Sampah Liar Ilustrasi-Seorang pengendara motor melewati lokasi sampah liar di pinggir jalan Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyebut ada 14 lokasi pembuangan sampah liar di Kabupaten Sleman. Upaya pengawasan akan ditingkatkan, salah satunya dengan wacana pemasangan CCTV di sejumlah titik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman, Epiphana Kristiyani mengatakan, terus ada upaya dari pemkab untuk mengatasi persoalan sampah, pascaditutupnya TPA Piyungan. Upaya ini juga membutuhkan partisipasi dari Masyarakat melakukan Gerakan pemilahan maupun pengolahan sampah.

Advertisement

“Tanpa peran dari Masyarakat, maka pengolahan sampah tidak akan efektif,” kata Epi kepada wartawan, Kamis (9/5/2024).

Menurut dia, hingga saat ini masih ada warga yang ngeyel membuang sampah secara sembarangan. Hasil penelusuran yang dilakukan petugas terdapat 14 pembuangan sampah liar di pinggir-pinggir jalan.

Meski tidak menyebut secara rinci, Epi mengakui mayoritas lokasi pembuangan berada di wilayah perkotaan. Sedangkan untuk wilayah pedesaan terindikasi ada satu lokasi.

“Tahu sendirilah lokasinya. Itu ada di ringroad, kemudian ada juga di Jombor dan lainnya,” ungkapnya.

Guna mengatasi pembuang sampah sembarangan sudah menyiapkan skema pemasangan CCTV. Hanya saja, pemasangan tidak dilakukan sendiri karena berkerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika. “Kami tidak ada anggaran untuk pengadaan. Sudah kami petakan dan rencananya di tahap awal ada tujuh lokasi yang dipasang, tapi untuk tempatnya masih rahasia,” katanya.

BACA JUGA: Geram Sampah Liar di Pinggir Jalan, DLH Sleman Siap Pasang CCTV

Ia memastikan tetap melakukan penyisiran guna mengambil sampah-sampah yang dibuang secara sembarangan. Hal ini untuk menjaga kebersihan dan mengurangi potensi penyebaran penyakit.

“Tapi tidak bisa setiap hari karena truk yang dimiliki beroperasi untuk pengambilan secara rutin. Paling tidak, setiap seminggu sekali, kami lakukan penyisiran untuk kemudian diolah di TPST Tamanmartani atau Minggir,” katanya.

Pihaknya siap memberikan sanksi yang dapat memberikan efek jera bagi warga pembuang sampah sembarangan. Ia tidak menampik sudah ada Perda No.6/2023 tentang Penyelenggaraan Pengolahan Sampah.

“Memang ada sanksinya bagi pembuang sembarangan diancam tiga bulan penjara dan denda paling banyak Rp50 juta. Tapi, kami siapkan sanksi lain seperti pelaku disuruh membersihkan di lokasi pembuangan atau koordinasi dengan kapanewon agar menyapu di lokasi yang sekiranya kotor selama seminggu sehingga benar bisa membuat jera,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Satpol PP Sleman, Shavitri Nurmala Dewi mengatakan, sudah beberapa kali melakukan patrol terkait dengan pembuangan sampah secara sembarangan pada saat Puasa. Upaya ini akan terus dilakukan sehingga Masyarakat bisa tertib dapat membuang sampah seperti ketentuan yang diberlakukan.

Pihaknya memiliki andil dalam upaya pengelolaan sampah. Hal ini tak lepas dari ketugasan dari Satpol PP untuk penegakkan perda. “Khusus pengelolaan sampah dituangkan dalam Perda No.6/2023 yang diperkuat dalam perbup sehingga hasilnya dapat dimaksimalkan. Untuk pencegahan, kami juga sudah memasang spanduk peringatan di lokasi-lokasi pembuangan sampah sembarangan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Iran Mengkonfirmasi Presiden Ebrahim Raisi Meninggal Dunia Akibat Jatuhnya Helikopter Bell 212

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement