Advertisement

BPO Disdikpora-DPRD DIY Kenalkan Program Pemberdayaan Masyarakat untuk Pemuda

Media Digital
Rabu, 15 Mei 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
BPO Disdikpora-DPRD DIY Kenalkan Program Pemberdayaan Masyarakat untuk Pemuda Anggota DPRD DIY, Tustiyani (kedua dari kiri) dalam Sosialisasi Kepemudaan di Kalurahan Donotirto, Kapanewon Kretek, Bantul, Rabu (15/5). - Stefani Yulindriani

Advertisement

BANTUL—DPRD DIY bersama Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, menggelar Sosialisasi Kepemudaan di Kalurahan Donotirto, Kapanewon Kretek, Bantul, Rabu (15/5/2024).

Anggota DPRD DIY, Tustiyani, mengatakan acara tersebut digelar untuk menyosialisasikan program pemberdayaan masyarakat yang ada di Pemda DIY kepada pemuda di Kalurahan Donotirto.

Advertisement

Menurutnya, sosialisasi sangat penting dilakukan karena di beberapa dusun masih ada pemuda yang belum tersentuh program pemberdayaan. Mereka hanya memperoleh fasilitas olahraga, namun tidak difasilitasi program pemberdayaan masyarakat yang dimiliki Pemda DIY.

Padahal, menurut Tustiyani, ada banyak program pemberdayaan masyarakat yang dapat diakses pemuda-pemudi di Kalurahan Donortirto. Dia menuturkan, DPRD DIY bersama dengan Pemda DIY berupaya mengurangi angka pengangguran melalui program pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, program pemberdayaan sekaligus sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Dia menuturkan, setiap desa atau kalurahan di DIY memiliki potensinya masing-masing.

Di Kalurahan Donotirto, misalnya, ada potensi perikanan melalui sungai dan pertanian dengan adanya lahan persawahan yang luas dan subur. Dia berharap pemuda-pemudi Donotirto mampu menangkap peluang tersebut, sehingga potensi yang ada dapat meningkatkan perekonomian mereka.

“Dengan ini [sosialisasi kepemudaan] kami berharap pemuda bisa memberdayakan potensi yang ada di desanya masing-masing, karena di Bantul masih banyak pengangguran,” katanya.

Dia menuturkan, DPRD DIY bersama dengan Pemda DIY memiliki berbagai program pelatihan pemberdayaan masyarakat yang dapat mendukung para pemuda untuk mengolah potensi yang ada di desa.

BACA JUGA: Jambore Pemuda, Cara Pemkot Jogja Ajak Anak Muda Ikut Atasi Masalah Sampah

Beberapa program pelatihan yang ada antara lain pelatihan pemasaran online, pelatihan budi daya ternak dan ikan air tawar.

Dia menilai program pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan pemuda-pemudi di Donotirto dengan potensi wilayah yang ada. Melalui pelatihan pemasaran online, pemuda di Donotirto dibekali dengan kemampuan pemasaran yang sesuai dengan perkembangan digital, sehingga apabila pemuda di Donotirto memiliki produk unggulan, maka dapat dipasarkan hingga ke berbagai wilayah. Dengan begitu, perekonomian mereka dapat terungkit.

Selain itu, kaum muda di Donotirto yang memiliki ketertarikan di bidang peternakan atau perikanan dapat mengakses program pelatihan di bidang tersebut.

Melalui program pelatihan tersebut, peserta dibekali dengan pengetahuan mengenai dua bidang tersebut. Dengan begitu, apabila mereka memulai usaha, kemungkinan besar usaha tersebut akan berhasil. Tustiyani mendorong agar para pemuda di Donotirto terus mengasah kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan. “Kami memiliki anggaran dan program untuk pemberdayaan pemuda. Kami berharap kaum muda ini bisa mengaksesnya untuk pemberdayaan warga,” katanya.

Dukuh Gading Lumbung, Kalurahan Donotirto, Edi Purnama, mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Dia berharap pemuda-pemudi di Donotirto dapat mengakses program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. “Semoga teman-teman [pemuda-pemudi] bisa mengakses [program pemberdayaan masyarakat],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Agung dan Rendy Pimpin AMSI DIY

Agung dan Rendy Pimpin AMSI DIY

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial, Ini Penjelasan Menteri Kominfo

News
| Selasa, 28 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement