Advertisement

Perahu Nelayan di Gunungkidul Hilang Kontak sejak Jumat, hingga Sabtu Malam Belum Diketahui Keberadaannya

Mediani Dyah Natalia
Sabtu, 18 Mei 2024 - 19:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Perahu Nelayan di Gunungkidul Hilang Kontak sejak Jumat, hingga Sabtu Malam Belum Diketahui Keberadaannya Tim SAR, Polair dan nelayan melakukan pencarian kapal yang hilang. Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perahu nelayan dengan nama Gama Putra 1 dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (18/5/2024). Perahu tersebut diketahui dibawa dua nelayan yang bertugas sebagai tekong dan anak buah kapal (ABK).

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 1 Sunu Handoko Bayu Sagara melalui pesan singkatnya kepada Harian Jogja menjelaskan, informasi ini disampaikan pemilik kapal, Agung Widodo. Kronologi peristiwa ini bermula pada Jumat (17/5/2024) pukul 16.00 saat kedua nelayan tersebut berangkat melaut untuk menjaring ikan menggunakan PMT jenis jukung.

Advertisement

“Seperti hari-hari sebelumnya, nelayan tersebut seharusnya mendarat pada pukul 00.00 WIB. Namun hingga Sabtu (18/5/2024), pukul 06.30 wib perahu belum juga mendarat. Pemilik kapal melaporkan hal tersebut kepada Tim SAR dan Polair Pantai Sadeng sehingga dilakukan koordinasi dan ditindak lanjuti dengan melakukan pencarian,” katanya Sabtu petang.

Baca Juga

Nelayan Hilang saat Melaut, Perahu Ditemukan Tim SAR di Perairan Lombok Timur

Kapal Nelayan Terbalik di Korsel, Sebagian Nelayan Hilang, Sebagian Besar adalah WNI

Terapung Berhari-hari di Laut, Nelayan Mataram yang Hilang Kontak Ditemukan di Banyuwangi

Sunu menyampaikan Tim SAR dan Polair segera melakukan pencarian. Tim pencarian pertama pada Sabtu pukul 07.00 WIB dengan menggunakan perahu jukung sebanyak dua perahu dengan dibantu nelayan setempat menyisir ke barat hingga barat pantai Baron. Tim pencarian kedua, Tim SAR dan Polair menggunakan kapal patroli Polair pantai Sadeng menyisir ke barat juga hingga depan pantai Baron dengan menggunakan jalur tengah. Mendarat pada pukul 12.30 WIB.

Tak hanya itu, tim pencarian ketiga yang terdiri dari Tim SAR, 1 Polair dan nelayan berangkat pada pukul 11.00 WIB menggunakan kapal sekoci nelayan Pantai Sadeng menyisir ke timur dan ke barat melalui jalur tengah. Dilanjutkan, tim pencarian keempat, dilakukan oleh Tim SAR Siung dengan menggunakan perahu jukung melakukan penyisiran melalui pinggir ke arat barat. Tim pencarian kelima, para nelayan menggunakan empat perahu jukung melakukan pencarian ke tengah dengan teknis mencar/terpisah.

Pencarian malam atau tim pencarian keenam, dilakukan oleh nelayan dengan menggunakan dua kapal sekoci dan berangkat pada pukul 18.00 WIB.

“Hasil operasi, hingga malam hari ini belum diketemukan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aset Tersangka Kasus DUgaan Korupsi Kemenkes Disita, Ada Robot hingga Rumah Rp30 Miliar

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement