Advertisement

Long Weekend Waisak, Tak Ada Target Kunjungan Wisatawan di Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 19 Mei 2024 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Long Weekend Waisak, Tak Ada Target Kunjungan Wisatawan di Bantul Kondisi Gua Cerme sepi pengunjung, Selasa (12/12/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULDinas Pariwisata (Dispar) Bantul dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul tidak mematok target kunjungan wisata selama long weekend, libur hari raya Waisak. 

Plt Dispar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan berkaca dari kunjungan wisata selama long weekend hari raya Kenaikan Yesus Kristus pada awal Mei 2024 kemarin yang hanya berkisar 10 ribu wisatawan per hari, sementara pada akhir pekan kunjungan wisata meningkat cukup tinggi.

Advertisement

BACA JUGA: Sejumlah Pelaku Wisata DIY Sayangkan Adanya Pelarangan Study Tour

Meski begitu, lanjut Kwintarto kunjungan wisatawan tersebut tidak banyak berbeda dengan kunjungan wisatawan selama weekend. Dinpar mencatat selama long weekend Kenaikan Yesus  Kristus kemarin jumlah kunjungan wisatawan Bantul mencapai 56.872 orang. Dari situ, PAD yang didapatkan mencapai Rp823 juta. 

“Pencermatan kita untuk libur terakhir kemarin kunjungan wisatawan masih seperti weekend, untuk Sabtu-Minggu (long weekend) mencapai 16 ribu orang per hari. Target sekitar 40-50 orang untuk long weekend besok,” katanya, Sabtu (18/5/2024). 

Sementara Ketua PHRI Bantul, Yohanes Hendra menyampaikan pihaknya tidak muluk-muluk menargetkan okupansi hotel di Bantul selama long weekend tersebut, hanya berkisar 70 persen. Target tersebut pun sama dengan long weekend kenaikan Yesus Kristus pada awal Mei 2024. 

“Kemarin [long weekend kenaikan Yesus Kristus] okupansi hotelnya mencapai 70-73 persen, masih banyak hotel yang belum terisi penuh,” ujarnya. 

Dia menilai lantaran momen long weekend hari raya Waisak berdekatan dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB) maka menurutnya, beberapa orang akan memprioritaskan pencarian sekolah daripada wisata. 

“Harapannya pasti penuh, tetapi kembali lagi banyak aspek yang bisa menghambat tingkat okupansi tidak sesuai target, antara lain banyak [calon wisatawan] yang sedang mencari sekolah untuk anaknya, daripada buat piknik mereka prioritas cari sekolah dulu,” ujarnya. 

Selain itu, menurutnya, saat long weekend hari raya Waisak belum seluruh sekolah telah menyelesaikan proses belajar mengajar selama tahun pelajaran 2023/2024, sehingga masih ada beberapa sekolah yang belum memasuki masa libur sekolah. 

Dia pun berharap pihaknya akan mendulang banyak wisatawan selama libur sekolah yang diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Juni 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Topan Super Yagi di China, Dilaporkan 3 Tewas, 95 Terluka dan 1,2 Juta Warga Terjebak di Zona Bencana

News
| Minggu, 08 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement