Advertisement

4 Posisi Kepala OPD di Pemkab Sleman Kosong, Ini Nama-Nama Plt-nya

David Kurniawan
Jum'at, 24 Mei 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
4 Posisi Kepala OPD di Pemkab Sleman Kosong, Ini Nama-Nama Plt-nya ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pascarotasi jabatan yang dilakukan oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyisakan jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kosong. Sebelum diisi melalui mekanisme lelang, untuk sementara kekosangan ketugasan dilimpahkan ke pelaksana tugas (Plt).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Budi Pramono mengatakan, empat jabatan kepala OPD yang kosong meliputi Dinas Komunikasi dan Informatika; Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Advertisement

Jabatan ini kosong dikarenakan pejabat lama ditunjuk oleh Bupati menduduki jabatan yang baru melalui pelantikan pejabat yang terlaksana pada Rabu (22/5/2024). “Memang ada rotasi serta pelantikan Sekda baru. Dampaknya, sekarang ada empat jabatan yang masih kosong,” kata Pramono saat dihubungi wartawan, Jumat (24/5/2024).

Sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) pengisian jabatan eselon II ini harus melalui mekanisme seleksi terbuka. Meski demikian, hingga sekarang belum ada instruksi dari Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo selaku Pembina kepegawaian untuk mengawali proses pengisian. “Untuk pelaksanaan pengisian, kami ikut dan menunggu kebijakan dari bupati,” ungkapnya.

Menurut dia, selama belum ada pengisian secara definitif, untuk sementara kekosongan diisi oleh Plt. Pramono mengungkapkan, Bupati sudah menunjuk beberapa pejabat untuk merangkap jabatan sebagai Plt di OPD yang kosong. “Sudah ditunjuk Plt-nya,” kata dia.

BACA JUGA: Ingin Rotasi Pejabat di Masa Pilkada, Bupati Sleman Wajib Kantongi Rekomedasi dari Kemendagri

Untuk Plt Kepala Disdukcapail diemban oleh Sekda Sleman, Susmiarto dan Diskominfo diserahkan ke Asisten Administrasi Umum, Eka Suryo Prihantoro. Adapun untuk Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan ditunjuk Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Suparmono dan Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana selaku Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. “Penunjukan Plti untuk memastikan kegiatan pelayanan maupun operasional di masing-masing OPD tetap berjalan, meski belum ada kepala yang definitive,” katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo akhirnya melantik Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Susmiarto menjadi Sekda Sleman yang baru, Rabu (22/5/2024). Selain itu juga ada penataan terhadap 39 pegawai di lingkup Pemkab Sleman mulai dari Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga kepala sekolah.

Kustini mengatakan kepada pejabat yang dilantik untuk memahami bahwa pelantikan tidak hanya sekedar pergantian. Namun sebagai sebuah pembaharuan dalam upaya memelihara dinamika birokasi yang terus bergerak maju. “Momentum ini sebagai penyegaran ide dan semangat dalam rangka menjadi pengubah dan pembaharuan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement