Advertisement

Angka Kebutaan Tinggi, Puluhan Pasien Diberi Layanan Operasi Mata Gratis

Newswire
Senin, 27 Mei 2024 - 10:57 WIB
Sunartono
Angka Kebutaan Tinggi, Puluhan Pasien Diberi Layanan Operasi Mata Gratis Foto ilustrasi pelaksanaan operasi. mata. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 60 pasien sakit mata dari kalangan warga kurang mampu dan belum memiliki jaminan kesehatan diberikan layanan operasi mata secara gratis di RS DR Yap pada Minggu (26/5/2024). Kegiatan itu digelar untuk mencegah kebutaan dan gangguan tajam penglihatan yang saat ini jumlahnya terus meningkat.

Ketua Umum Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo GBPH H. Prabukusumo menjelaskan berdasarkan data secara global jumlah angka kebutaan mencapai 37 juta jiwa, secara total 161 juta orang mengalami gangguan tajam penglihatan. Sepertiganya berada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu pemeriksaan dan deteksi dini menjadi kunci, agar permasalahan pada mata dapat diketahui dengan segera tertangani.

Advertisement

BACA JUGA : Jangan Sampai Terlambat, Kenali Demam pada Sakit Biasa dan DBD

"Keterlambatan pendeteksian gangguan mata berisiko terlambatnya pelaksanaan terapi. Pemeriksaan dan deteksi dini gangguan mata telah menjadi perhatian dunia, termasuk kami. Tetapi tidak semua orang memiliki akses dan kesempatan yang sama," katanya.

Ia menambahkan masih banyak penderita gangguan tajam penglihatan dan berisiko buta tidak mendapat akses ke pelayanan kesehatan mata yang layak. Oleh karena itu RS Mata Dr. YAP Jogja berupaya hadir di tengah masyarakat.

"Kami ingin menjangkau masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan mata. Salah satunya, dengan menggelar
kegiatan bakti sosial pemeriksaan dan operasi mata secara gratis dalam memperingati hari ulang tahun RS YAP ke-101," ujarnya.

Direktur Utama RS Mata Dr. YAP Alida Lienawati menambahkan egiatan ini bertujuan menurunkan angka kebutaan di Indonesia, terutama kebutaan yang dapat dicegah. RS Mata "Dr. YAP" menghimpun 100 pasien pra-sejahtera tidak memiliki BPJS dan jaminan kesehatan lainnya serta menyertakan surat keterangan tidak mampu. Pasien tersebut dilakukan pemeriksaan awal untuk ditindaklanjuti dengan operasi sesuai diagnosisnya.

"Kami menyediakan 60 paket operasi mata gratis, meliputi 40 operasi katarak, 5 operasi glaukoma, dan 15 operasi pterygium," katanya.

Pasien tersebut diperiksa dokter spesialis mata dari RS Mata "Dr. YAP" dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Cabang DI Yogyakarta. Pelaksanaan operasi digelar secara simultan di Ruang Operasi RS Mata "Dr. YAP" sesuai jadwal dokter pelaksana. "Setelah operasi, pasien diwajibkan kembali ke RS mata "Dr. YAP" pada H+1 dan H+7 untuk menjalani kontrol," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement