Advertisement

Cetak Petani Milenial, Pemkab Siapkan Program Beasiswa Kuliah untuk Anak Petani Berprestasi

David Kurniawan
Rabu, 05 Juni 2024 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Cetak Petani Milenial, Pemkab Siapkan Program Beasiswa Kuliah untuk Anak Petani Berprestasi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman saat menandatangni Perjanjian Kerja Sama dengan Polbangtan Yogyakarta-Magelang di Rumah Dinas Bupati, Rabu (5/6 - 2024). Istimewa Humas Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman menjalin kerja sama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang untuk mencetak petani milenial yang handal. Langkah ini diwujudkan dengan memberikan kesempatan bagi anak-anak petani yang berprestasi untuk berkuliah di kampus tersebut.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, perjanjian kerja sama sudah ditandatangi dengan pihak kampus Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Rabu (5/6/2024). Kerja sama merupakan bentuk komitmen dari pemkab untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di sektor pertanian.

Advertisement

“Salah satu upayanya dengan memberikan kesempatan bagi anak petani yang berprestasi di Sleman agar bisa berkuliah di Polbangtan,” kata Kustini, Rabu siang.

Diharapkan dengan berkuliah di bidang pertanian ini, maka bisa mencetak dan mengembangkan petani milenial di Bumi Sembada. “Putra-putri petani Sleman dapat menggali potensi, menguasai kondisi dan mengembangkan pertanian di Sleman sehingga dapat ikut berperan dalam pembanguann sesuai dengan keahlian yang dimiliki,” ungkapnya.

Baca Juga

Bupati Sleman Panen Perdana Semangka Tanpa Biji Hasil Pemeberdayaan Indomaret, UGM & Petani Milenial

Penjelasan Pakar Terkait Meningkatnya Persentase Petani Tua di DIY

Gunungkidul Butuh Regenerasi Petani

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono mengatakan Polbangtan Yogyakarta-Magelang merupakan sekolah kedinasan yang dimiliki Kementerian Pertanian. Adanya perjanjian kerja sama dengan pemkab, maka peluang dari anak petani di Sleman yang berpretasi bisa semakin besar diterima di kampus tersebut.

“Kuotanya fluktuatif setiap tahunnya. Tapi yang jelas dengan kerja sama ada kepastian anak para petani bisa diterima untuk berkuliah di sana,” katanya.

Pram, sapaan akrabnya, sangat menyambut baik karena langkah ini juga sebagai proses regenerasi petani di Sleman. “Tentunya juga untuk mencetak petani-petani milenial di Sleman yang andal,” katanya.

Wakil Direktur I, Polbangtan Yogyakarta Magelang, Sujono menyatakan komitmennya untuk membantu peningkatan sumber daya manusia di Sleman, khususnya di bidang pertanian. Pihaknya juga akan terus melaporkan secara berkala tentang perkembangan anak-anak asal Sleman yang telah menempuh studi.

“Setiap semester akan kami laporkan ke Pemkab Sleman. tapi kalau ada informasi yang perlu disampaikan secara langsung, maka tidak harus menunggu akhir semester karena bisa secepatnya melaporkan ke Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Sleman,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kualitas Udara Jakarta Terburuk Ketiga Dunia Minggu Pagi Ini

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement