Advertisement

Peringkat Dunia UGM Melesat

Catur Dwi Janati
Rabu, 05 Juni 2024 - 17:22 WIB
Budi Cahyana
Peringkat Dunia UGM Melesat Ilustrasi mahasiswa - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANLembaga pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) kembali merilis QS World University Ranking (QS WUR) 2025. Dalam publikasi pemeringkatan perguruan terbaik dunia tersebut, Universitas Gadjah Mada atau UGM naik peringkat dan kini menduduki urutan ke-239 dunia. 

UGM naik 24 peringkat dari tahun sebelumnya yang berada di posisi 263 dunia. Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas (SPRMU) UGM, Prof. Indra Wijaya Kusuma, menjelaskan kenaikan peringkat UGM ditopang peningkatan reputasi akademik yang berada pada posisi 145 dunia. Torehan ini juga meningkat dari yang sebelumnya di posisi 152 dunia.

Advertisement

"Di posisi ini UGM masih menjadi terdepan di Indonesia," kata Indra, Rabu (5/6/2024).

BACA JUGA: 13 Persen Guru Indonesia Berpenghasilan di Bawah Rp500 Ribu

Keberhasilan peningkatan reputasi akademik tersebut dinilai Indra mencerminkan pengakuan dunia akademik terhadap kampus UGM. Sementara, untuk indikator reputasi lulusan, UGM menempati ranking 91 dunia, meningkat 27 anak tangga dari sebelumnya di posisi 118 dunia. Menurut Indra, kenaikan peringkat juga menegaskan keterserapan lulusan UGM di dunia kerja dan alumni yang sudah diakui di level internasional.

"Peningkatan reputasi lulusan ini menjadi cermin dari peningkatan kualitas alumni UGM," lanjutnya.

Secara keseluruhan, dari sembilan indikator yang digunakan untuk penilaian pemeringkatan QS WUR 2025, UGM mencatat peningkatan di delapan indikator. Perbaikan di indikator internasionalisasi ditunjukkan dengan peningkatan jumlah dosen dan mahasiswa internasional serta peningkatan dalam jumlah kerja sama riset internasional di UGM.

BACA JUGA: Tenda Dibongkar Paksa, Mahasiswa UGM Tetap Bertahan Sampai Tuntutan Pembatalan IPI Dipenuhi

Dalam hal produktivitas riset, dalam lima tahun terakhir UGM menerbitkan 13.844 artikel di jurnal internasional bereputasi serta mendapatkan sitasi sebanyak 65.608 kali. "Jumlah sitasi ini meningkat 31 persen dari tahun sebelumnya," terangnya.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM Prof. Wening Udasmoro menambahkan tridharma perguruan tinggi di UGM menunjang reputasi dan rekognisi internasional serta memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat dan berkontribusi dalam mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).  "Kami akan terus  meningkatkan aktivitas terkait sustainability dan SDGs," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement