Advertisement

Nusantara Airport Jadi Nama Bandara di IKN, Menhub Targetkan Pengoperasian di 1 Agustus

David Kurniawan
Rabu, 12 Juni 2024 - 16:47 WIB
Sunartono
Nusantara Airport Jadi Nama Bandara di IKN, Menhub Targetkan Pengoperasian di 1 Agustus Proyek IKN - ist - Kementerian PUPR

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mengebut pembangunan akses transpotasi ke Ibukota Nusantara (IKN) yang rencananya dipergunakan untuk Upacara Peringatan HUT RI ke-79. Presiden Jokowi juga sudah memberikan nama untuk bandara, yaitu Nusantara Airport.

Dia menjelaskan, untuk persiapan, setidaknya mendapatkan empat tugas dari presiden. Tugas ini meliputi tentang kesiapan bandara, kereta api tanpa listrik hingga memberikan layanan kepada warga yang berkunjung ke IKN.

Advertisement

BACA JUGA :Ini Rincian Kekayaan Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN yang Baru Saja Mengundurkan Diri

“Untuk bandara, Pak Presiden sudah menetapkan. Nama bandaranya, Nusantara Airport,” kata Budi kepada wartawan, usai menghadiri Rakernas Fungsi Lantas Tahun 2024 di Alana Hotel & Convention Center di Jalan Palagan, Kalurahan Sariharjo, Ngaglik, Rabu (12/6/2024).

Dia menjelaskan, untuk persiapan sarana dan prasrana transportasi terus dilakukan. Hal ini diperlukan agar penyelesaian sesuai target sehingga bisa digunakan pada saat yang telah ditentukan.

“Jadi kalau lapangan terbang kita akan siapkan di tanggal 1 Agustus sudah berfungsi,” katanya.

Menurut dia, persiapan tidak hanya untuk moda transportasi udara. Pasalnya, dirinya mengaku mendapatkan tugas untuk penyiapan di semua matra.

Adapun tugas kedua, Budi diperintahkan oleh Presiden Jokowi untuk menyiapkan kereta api tanpa rel. Fasilitas ini akan mengelilingi Kawasan IKN sepanjang tujuh kilometer.

BACA JUGA : Konstruksi Tol IKN Segmen 5 A Dikebut dan Ditarget Selesai sebelum 17 Agustus

Adapun yang ketiga, juga diminta menggkoordinasikan penggunaan kendaraan listrik di area IKN, baik yang komersial atau milik individu. Guna mewujudkannya sudah dilakukan komunikasi dengan beberapa pihak.

“Untuk yang keempat adalah mengapresiasi atau memberikan wisata kepada Masyarakat yang berkunjung. Kami juga akan memberikan buy th service dengan meliabtkan swasta, salah satunya menyediakan pinisi di Teluk Balikpapan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement