Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-YIA Kulonprogo: Belum Ada Sanggahan Warga, Appraisal Segera Dilakukan

Triyo Handoko
Selasa, 18 Juni 2024 - 13:37 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Tol Jogja-YIA Kulonprogo: Belum Ada Sanggahan Warga, Appraisal  Segera Dilakukan Suasana pengukuran lahan terdampak Tol Jogja/YIA di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih dimana masyarkat aktif berpartisipasi.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pembebasan lahan terdampak Tol Jogja-Solo untuk ruas Jogja-Bandara YIA di Kulonprogo memasuki masa sanggah setelah rampung dilakukan pengukuran di tujuh kalurahan. Masa sanggah ini jadi ruang warga terdampak yang lahannya sudah diukur untuk mengajukan keberatan bila terjadi kekeliruan ukuran luas tanahnya yang sudah diukur.

Dalam masa sanggah ini warga juga dapat mengajukan aset di atas tanahnya untuk dihitung agar diberikan ganti rugi. Seperti pohon, bangunan, atau aset lainnya di atas lahannya yang terdampak proyek Tol Jogja-Solo untuk ruas Jogja-YIA.

BACA JUGA : Proyek Tol Jogja-YIA di Kokap Kulonprogo yang Sempat Bikin Resah Dipastikan Tetap Berjalan

Advertisement


Waktu masa sanggah ini berlangsung selama 14 hari. Di Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo, khususnya Padukuhan Banaran Lor yang sudah masuk masa sanggah pada hari ke-10 pada Selasa (18/6/2024) belum ada sanggahan yang diberikan warga terdampak atas lahannya.

Lurah Banguncipto, Boiran menjelaskan sementara ini hasil pengukuran yang dilakukan BPN Kulonprogo terhadap lahan terdampak  Tol Jogja-Solo untuk ruas Jogja-YIA di Padukuhan Banaran Lor hasilnya cukup akurat. "Aset-aset warga juga terdata dengan baik, sehingga belum ada yang mengajukan sanggahan atas pemberkasan dari hasil pengukuran lahan terdampak itu," jelasnya, Selasa siang.

Boiran menerangkan terdapat lima padukuhan yang terdampak Tol Jogja-Solo untuk ruas Jogja-YIA di wilayahnya, Padukuhan Banaran Lor jadi wilayah yang paling cepat pengukuran dan pemberkasan lahan terdampaknya. "Padukuhan lain juga sedang berjalan prosesnya, sebagian sudah masuk masa sanggah juga," katanya.

Kepala Seksi Survei dan Pemetaan BPN Kulonprogo, Trigus Eko membenarkan tahapan pembebasan lahan terdampak Tol Jogja-Solo untuk ruas Jogja-YIA yang sudah masuk tahap masa sanggah. "Setelah masa sanggah, jika diperlukan verifikasi ulang akan dilakukan. Jika tidak maka proses selanjutnya adalah appraisal atau pemberian nilai harga lahan [penetapan harga lahan terdampak] dan aset di dalamnya yang terdampak Tol Jogja-Solo untuk ruas Jogja-YIA," ungkapnya.

BACA JUGA : Tol Jogja-YIA Belum Ada Kelanjutan, Warga Terdampak di Kulonprogo Mulai Resah

Trigus belum mendapatkan jadwal pasti appraisal lahan terdampak Tol Jogja-YIA di tujuh kalurahan itu. "Nanti akan dikoordinasikan setelah tahapan penyanggahan ini rampung dan beres semua," ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Donald Trump Dievakuasi dari Panggung Kampanye

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement