Advertisement

PPDB SD/SMP 2024: Bantul Antisipasi Kasus Kecurangan Menitip KK

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 19 Juni 2024 - 14:27 WIB
Sunartono
PPDB SD/SMP 2024: Bantul Antisipasi Kasus Kecurangan Menitip KK Suasana tempat pelayanan PPDB di SMP 1 Bantul. - Dok.Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul telah mengantisipasi berbagai kasus yang dapat terjadi selama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD/SMP 2024.

Sekretaris Disdikpora Bantul, Titik Sunarti mengaku telah mengantisipasi kasus nitip KK dengan peraturan Kepala Disdikpora Bantul No.B/200.3.5/01422/SMP/2024 tentang Petunjuk Teknis PPDB TK, SD, dan SMP tahun ajaran 2024/2025 sebelum berlangsungnya proses PPDB kali ini.

Advertisement

BACA JUGA : Syarat PPDB Sleman Makin Ketat, Calon Peserta Didik Harus Sesuai dengan KK Orang Tua

"Kami sudah tidak bisa lagi karena peraturan kepala dinas KK hanya sampai cucu," ujarnya, Rabu (19/6/2024).

Sementara menurutnya apabila calon siswa masuk dalam KK anggota keluarga lain, misal ikut paman atau bibi, maka saat pendaftaran PPDB harus mencantumkan akta perceraian orang tua, akta kematian orang tua atau penetapan wali dari pengadilan agama.

Titik untuk zonasi juga telah diatur dalam peraturan Kepala Disdikpora Bantul tersebut. Pihaknya pun telah melakukan pemantauan langsung ke satuan pendidikan di Bantul terkait hal tersebut. Hal itu lantaran verifikasi dokumen untuk PPDB dilakukan di setiap satuan pendidikan.

Selain itu juga memberikan pembekalan terhadap operator PPDB yang ada di setiap sekolah terkait verifikasi tersebut sebelum proses PPDB. Sehingga diharapkan tidak ada kendala selama proses pendaftaran PPDB.

Dia menyampaikan pihaknya pun telah bekerjasama dengan PT Telkom sebagai pihak ketiga untuk memastikan kelancaran server yang digunakan pada PPDB kali ini. Pihaknya pun telah melakukan tahap uji coba server tersebut sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement