Advertisement

Mantan Bupati Kulonprogo Sutedjo Mundur dari Pencalonan Pilkada 2024, Ini Alasannya

Triyo Handoko
Minggu, 23 Juni 2024 - 15:27 WIB
Sunartono
Mantan Bupati Kulonprogo Sutedjo Mundur dari Pencalonan Pilkada 2024, Ini Alasannya Bupati Kulonprogo, Sutedjo. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Mantan Bupati Kulonprogo 2017-2022, Sutedjo memutuskan mundur dari proses pencalonan Pilkada 2024. Keputusan mundur dari proses pencalonan itu karena alasan usia.

Selain usia, Sutedjo mundur dari Pilkada 2024 karena permintaan dari keluarganya. "Setelah beberapa kali melakukan musyawarah dengan anak-anak dan keluarga yang semua menyarankan untuk saya istirahat saja," katanya kepada salah satu keluarganya, Sudarto yang kemarin mewakilinya mendaftarkan diri ke DPC PDIP Kulonprogo.

BACA JUGA : Tokoh Agama Kulonprogo Komitmen Jaga Kerukunan untuk Kesuksesan Pilkada 2024

Advertisement

Sutedjo memutuskan mundur dari proses pencalonan Pilkada, jelas Sudarto, juga karena sudah cukup lama ia telah mengabdi ke masyarakat Bumi Binangun. "Sudah cukup pengabdian saya yang sudah 50 tahun berkecimpung dan berkiprah di bidang pemerintahan," kata Sutedjo ke Sudarto melalui WhatsApp yang memang untuk disampaikannya ke awak media.

Mantan Bupati Kulonprogo ini memutuskan untuk istirahat dari politik dan menikmati masa senjanya. "Itu keputusan beliau, apakah nanti berubah atau ada perkembangan seperti apa belum tahu, sementara ini pernyataannya mundur dulu," jelas Sudarto pada Minggu (23/6/2024).

Sudarto menerangkan meskipun Sutedjo mundur dari Pilkada 2024, tapi mantan bupati ini kerap menerima kunjungan kandidat ke rumahnya. "Ada beberapa kandidat yang beberapa waktu ini sowan ke beliau, ada  Fajar Gegana, Akhmad Basuki, dan lainnya, semuanya diterima dan diberikan saran-saran yang baik," terangnya.

Partai

Sutedjo sendiri dalam kandidasi Pilkada ini sebelumnya mencoba mendapat dukungan dari dua partai politik. Yaitu PDIP dan PAN, di PDIP Sutedjo mendaftarkan diri, sedangkan di PAN ia diusulkan oleh para kader partai matahari itu. "Semua prosesnya mundur, termasuk di PAN sendiri dan PDIP juga," tegas Sudarto.

BACA JUGA : Hasil Survei Internal Golkar untuk Pilkada Kulonprogo, Elektabilitas 4 Kandidat Masih di Bawah 10 Persen

Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN Kulonprogo, Riemas Ginong Pratidina membenarkan mundurnya Sutedjo dalam kandidasi Pilkada tersebut. "Mundurnya Pak Tedjo disampaikan langsung ke dalam forum kader PAN beberapa waktu lalu, kami menghormati keputusan tersebut," terangnya.

Ginong mengkonfirmasi mundurnya Sutedjo juga dilakukan pada proses kandidasi partai lain juga. "Tidak hanya di PAN, di PDIP juga, beliau ingin istirahat dulu," katanya.

Mundurnya Sudarto dari Pilkada Kulonprogo 2024, jelas Ginong, patut dihormati dan diapresiasi oleh masyarakat Bumi Binangun. "Artinya ini beliau memberikan jalan lebih luas, dan kesempatan lebih lebar ke pemimpin-pemimpin yang lebih muda, supaya ada regenerasi kepemimpinan di Kulonprogo," ungkapnya.

PAN Kulonprogo menyikapi mundurnya Sutedjo ini, jelas Ginong, akan membuka kesempatan bagi siapa saja untuk berkontestasi. "Kondisinya setelah beliau mundur jadi tambah dinamis, kesempatan yang ada tambah lebar dan luas terutama bagi nama-nama baru," jelasnya.

Kepala Bappilu PAN Kulonprogo ini menyebut dinamisnya Pilkada Kulonprogo di partainya tak hanya menyangkut soal kandidat yang akan diusulkan tapi juga koalisi yang akan dilakukan kerja sama politik. "Sampai saat ini kami belum memutuskan, jadi segala kemungkinan masih terus bisa terjadi, kami juga terbuka ke semua pihak," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Grace Natalie Bantah Isu Jokowi Sodorkan Kaesang di Pilkada

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement