Advertisement

Geger! Belasan Tiang Pembatas hingga Tanaman Milik Petani di Perbatasan Nanggulan-Pengasih Dirusak

Triyo Handoko
Minggu, 23 Juni 2024 - 18:27 WIB
Sunartono
Geger! Belasan Tiang Pembatas hingga Tanaman Milik Petani di Perbatasan Nanggulan-Pengasih Dirusak Personil Polres Kulonprogo saat meninjau lokasi pengrusakantiang pembatas jalan di dekat Jembatan Sambiroto yang menghubungkan Kapanewon Pengasih dan Nanggulan. Dok Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Aksi perusakan yang dilakukan orang tak dikenal terjadi di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih yang berbatasan dengan Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan. Pelaku merusak 13 fasilitas pembatas jalan hingga tanaman milik petani setempat.

Peristiwa di dekat Jembatan Sambiroto yang menghubungkan Pengasih dan Nanggulan diperkirakan terjadi pada Kamis (20/6/2024) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Advertisement

BACA JUGA : Sebuah ATM di Condongcatur Sleman Dirusak, Polisi Kejar Pelaku

Tak hanya merusak tiang pembatas jalan, pelaku juga membuang pupuk organik milik petani yang berada di area persawahan dekat Jembatan Sambiroto. Total ada lima sak pupuk organik yang dibuang ke selokan dekat jalan.

Tindakan vandal pelaku juga tak sebatas itu, tanaman petani juga dirusak. Berupa kacang dan pohon pepaya yang ditanam petani dirusak oleh orang tak dikenal itu.

Kejadian itu mencuat setelah dilaporkan ke Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMKal) Banyuroto pada Jumat (21/6/2024). Ketua LPMKal Banyuroto, Bambang Nurcahyo yang menerima laporan tersebut langsung melaporkannya ke Polsek Nanggulan.

Setelah dilaporkan, personel Polsek Nanggulan langsung menuju lokasi kejadian. "Ada juga personil dari Polsek Pengasih," kata Bambang pada Minggu (23/6/2024).

Bambang menduga tiang pembatas jalan yang dirusak itu untuk diambil besinya yang bernilai ekonomi. "Dugaannya seperti itu karena besi dari tiang pembatas jalan itu tidak ada, kemungkinan dirusak karena diambil besinya," terangnya.

BACA JGA : Sebabkan Kerusakan Lingkungan, Warga NU Alumni UGM Tolak Tambang untuk Ormas

Penyelidikan kejadian tersebut masih dilakukan Polres Kulonprogo. Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setyowati menyebut masih mencari terduga pelaku yang merusak pembatas jalan tersebut.

Nunuk berpesan kepada masyarakat yang mengetahui terkait kejadian tersebut agar dapat menyampaikannya ke personilnya. "Kejadiannya saat sepi, sekitar pukul 01.00 WIB, jadi bagi masyarakat yang tahu harap diinformasikan ke personil kami untuk membantu penyelidikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KA Gajayana Tabrak Mobil Pikap di Nganjuk, Sejumlah Jadwal Perjalanan Kereta Alami Gangguan

News
| Sabtu, 28 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement