Advertisement

Akhir Mei, Capaian Pendapatan di Kabupaten Sleman Tembus Rp500 Miliar, Berikut Rinciannya

David Kurniawan
Selasa, 25 Juni 2024 - 15:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Akhir Mei, Capaian Pendapatan di Kabupaten Sleman Tembus Rp500 Miliar, Berikut Rinciannya Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman optimistis target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,08 triliun bisa terpenuhi di akhir 2024. Hal ini tak lepas dari capaian pendapatan hingga akhir Mei yang menembus Rp504,78 miliar.

Kepala Bidang Penagihan dan Pengembangan, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman, Muhammad Yunan Nutrianto mengatakan, tahun ini mendapatkan target PAD sebesar Rp1,08 triliun. Pendapatan terbesar berasal dari pajak yang nilainya mencapai Rp781,7 miliar.

Advertisement

BACA JUGA: Pemda DIY Minta Bantuan Jepang Mengatasi Macet Akibat Jalan Tol

Target berikutnya berasal dari retirbusi daerah yang mencapai Rp222,82 miliar. “Untuk berikutnya ada dari hasil pengelolaan kekayaan daerah sebesar Rp42,8 miliar dan lain-lain pendapatan yang sah sebesar Rp35,8 miliar,” kata Yunan, Selasa (25/6/2024).

Menurut dia, PAD yang masuk sudah dalam tren yang baik sehingga optimistis target di 2024 bisa terpenuhi. Hingga akhir Mei, pemasukan yang ada sudah terkumpul sebesar Rp504,78 miliar.

“Kalau diprosentasekan PAD sudah mencapai 46,6%,” katanya.

Sama seperti target pendapatan, sektor pajak daerah merupakan menyubang PAD terbesar yang mencapai Rp352,12 miliar. Di susul berikutnya dari retribusi yang pemasukannya mencapai Rp100,02 miliar.

“Untuk pemasukan dari hasil pengelolaan kekayaan daerah sudah menyumbang sebesar Rp41,5 miliar dan lain-lain pendapatan yang sah besarannya Rp11,18 miliar,” katanya.

Yunan menambahkan, terus ada upaya optimalisasi capaian PAD. Sebagai contoh untuk sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan dengan melakukan pembayaran dengan sistem jemput bola ke Masyarakat.

Di sisi lain, juga ada upaya pemberian penghargaan bagi kalurahan maupun kapanewon yang telah melunasi PBB. “Akan terus kita optimalkan sehingga PAD yang diperoleh bisa memunih target yang telah ditentukan,” katanya.

BACA JUGA: Viral! Nenek Diduga Digendam, Polres Bantul Lakukan Penyelidikan

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membayar pajak seperti PBB secara tepat waktu. Menurut dia, partisipasi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap proses pembangunan di Kabupaten Sleman.

“Sumbangsih dari wajib pajak sangat bermanfaat untuk program pembangunan. Adapun penghargaan yang diberikan untuk memotivasi bagi wajib pajak agar membayar tepat waktu,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement