Advertisement

Kuota Siswa Disabilitas di SMP Sleman Tak Terpenuhi

David Kurniawan
Rabu, 26 Juni 2024 - 23:07 WIB
Arief Junianto
Kuota Siswa Disabilitas di SMP Sleman Tak Terpenuhi Sekolah, PPDB / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah SMP di Sleman memastikan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024-2025 berlangsung lancar. Hingga sekarang sudah diumumkan untuk penerimaan dari jalur radius dan afirmasi.

Kepala SMP Negeri 3 Mlati, Nur Hidayati mengatakan sekolahnya memiliki kuota penerimaan siswa baru sebanyak 128 kursi. Untuk pendaftaran sudah diumumkan melalui jalur radius 600 meter dari sekolah dan afirmasi.

Advertisement

Dia menjelaskan, untuk zonasi radius total ada 19 calon siswa yang mendaftar. Kesemuanya dapat diterima dikarenakan setelah dilakukan verifikasi telah memenuhi persyaratan.

“Tidak ada kuotanya karena yang masuk radius bisa diterima. Total saat pendaftaran ada 19 anak yang mendaftar dan semua diterima,” katanya, Rabu (26/6/2024).

Adapun jalur afirmasi, Nur mengakui megakui ada kuota untuk keluarga kurang mampun sebanyak 16 kursi dan disabilitas ada empat kursi. “Untuk kuota siswa kurang mampu bisa terpenuhi. Sedangkan disabilitas hanya mendapatkan satu siswa sehingga yang diterima ada 36 anak,” ungkapnya.

Menurut dia, tahapan PPDB masih berlanjut karena saat ini memasuki tahapan penerimaan jalur prestasi. Sesuai dengan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan Sleman, penerimaan melalui prestasi maksimal 25% dari kuota yang ada.

Hanya saja, Nur mengakui hingga satu hari sebelum pendaftaran ditutup baru ada dua anak yang mendaftar. “Bukan masalah karena kalau kuota tidak terpenuhi, maka nanti akan dimasukkan untuk penerimaan lewat jalur zonasi wilayah kalurahan,” katanya.

Dia menambahkan, untuk penerimaan melalui zonasi wilayah akan dibuka mulai 1-3 Juli 2024. Ia optimistis kuota sebanyak 128 siswa baru akan terpenuhi selama proses pendaftaran berlangsung. “Semua berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala dalam proses penerimaan siswa baru,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala SMP Negeri 4 Pakem, Ponidi. Menurut dia, proses penerimaan siswa baru berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tahapan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Sleman. “Semua normal dan tidak ada masalah,” katanya.

Menurut dia, penerimaan siswa baru bisa dipantau secara online melalui laman resmi yang telah disediakan. “Bisa dilihat di web-nya. Di sana sudah terlihat semua mulai yang mendaftar hingga diterima berapa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PAN Usung 8 Pasangan Cagub-Cawagub di Pilkada 2024

News
| Sabtu, 29 Juni 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement